999 +
0
41
0
Selamat Hari Buku Sedunia, Apa Buku Favoritmu?
3 months 'ago'

Setiap tanggal 23 April dirayakan sebagai Hari Buku Sedunia. Sejarah panjang Hari Buku Sedunia bermula dari peristiwa San Jordi di Catalunya Spanyol pada 23 April 1923 silam. 

Di momen itu para pedagang buku merayakan momen tahunan yang juga diperingati sebagai hari kematian Saint George. Ia adalah santo pelindung dari Catalunya. Bukan lagi mawar merah yang diberikan tapi sejak 1923 Saint Jordi juga identik dengan pemberikan buku. 

Sebelum UNESCO menetapkan tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia, para editor Norwegian Book Clubs bekerja sama dengan Norwegian Nobel Institute membentuk tim panel yang terdiri dari 100 penulis di 54 negara. 


Mereka ditugaskan untuk memilih karya sastra terbaik dunia. Dari 100 judul buku terbaik, ada nama Don Quixote. Pemilihan yang berlangsung pada 1992 itu menambah sejarah panjang industri buku di dunia. 

Pada 1995, UNESCO menetapkan tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia yang bertujuan memberikan penghargaan pada buku-buku dan penulis kenamaan. Di tanggal ini pula, dunia merayakan hari wafatnya dari penulis seperti William Shakespeare, Miguel de Cervantes, dan Inca Garcilaso de la Vega yang meninggal pada 23 April 1616. 

"Buku adalah jembatan antara generasi dan lintas budaya, kekuatan untuk menciptakan dan berbagi pengetahuan," kicau UNESCO di akun Twitter-nya. 

Setiap tahunnya pula, UNESCO memilih Ibu Kota Buku Dunia dan Athena di Yunani juga terpilih tahun ini. Di Athena, buku dipromosikan selama setahun dimulai dari hari ini. 

"Kota Athena dipilih karena kualitas acaranya yang didukung oleh seluruh industri buku. Program kegiatan yang diusulkan termasuk pertemuan dengan para penulis, penerjemah, ilustrator, konser, pameran tematik, pembacaan puisi, dan lokakarya untuk penerbit," tulis UNESCO di situs resminya. 

Kalau kamu pencinta buku, buku apa dan siapa yang akan menginspirasimu dan menjadi favorit tahun ini? Tulis di kolom komentar ya. 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow