999 +
0
39
0
11 Tipe Murid yang Pasti Pernah Kamu Temui Ketika Presentasi di Kelas
3 months 'ago'

Presentasi merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sekolah. Biasanya, presentasi dijadikan sebagai salah satu metode untuk melihat kemampuan dan memberi penilaian terhadap para siswa.

Beragam perilaku siswa berikut ini pasti pernah kamu temui pada saat presentasi di kelas. Penasaran apa sajakah itu? Yuk langsung kita bahas!

1. Tipe murid yang selalu fokus dan memperhatikan temannya yang sedang presentasi

Tipe yang satu ini memang murid idaman. Selain disukai oleh guru, kamu pun yang sedang presentasi pasti akan merasa senang karena merasa dihargai oleh mereka.

2. Tipe murid pemalas dan ogah-ogahan mendengarkan temannya presentasi

Tipe murid yang satu ini kadang suka bikin kesal orang yang sedang presentasi. Gimana gak kesal coba, perilakunya yang terkesan ogah-ogahan justru memberi gambaran bahwa murid yang satu ini tidak menghargai orang yang sedang presentasi.

Melihat ekspresi mukanya saja seolah dia malas mendengarkan materi yang sedang kamu paparkan. Duh, harus ekstra sabar nih!

3. Tipe penulis, yaitu menulis semua materi yang dipresentasikan oleh temannya dari awal sampai akhir

Tipe murid yang satu ini biasanya akan lebih fokus untuk menulis materi-materi yang tengah disampaikan. Karena baginya, materi presentasi itu barangkali akan muncul sebagai bahan ulangan. Dan tak lupa, dia pun mempersiapkan tulisannya itu jika sewaktu-waktu ditanya oleh guru.

Kalau kamu termasuk yang mendengarkan sambil menulis, atau cuma memperhatikan saja nih?

4. Tipe murid yang memberi satu pertanyaan, tapi pertanyaannya 'beranak' dan 'bercucu'

"Coba jelaskan apa pengertian dari interaksi sosial!" Dan tidak sampai di situ, tipe murid yang satu ini pasti akan memberikan pertanyaan lanjutan seperti, "Apa jenis-jenis interaksi sosial, contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, apa keuntungan dari interaksi sosial, adakah sejarahnya?" Dan masih banyak lagi.

Nggak sekalian suruh bikin skripsi aja, biar situ puas?

5. Tipe murid yang memberi pertanyaan hanya karena ingin mendapat nilai dari guru

Presentasi, biasanya dijadikan sebagai sebuah cara untuk memberikan penilaian kepada peserta didik. Dan salah satunya adalah ketika murid mengajukan pertanyaan, biasanya akan diberikan nilai ataupun poin oleh gurunya.

Makanya, beberapa dari peserta didik seringkali bertanya hanya karena mereka berharap mendapat poin, bukan karena mereka ingin mengerti tentang materi yang disampaikan.

Memberi pertanyaan memang susah-susah gampang, apalagi untuk mereka yang tidak memperhatikan dari awal. Bisa-bisa ngelantur deh ngasih pertanyaannya.

6. Tipe murid yang ngasih pertanyaan ke teman udah kayak ngasih pertanyaan sama profesor

Salah satu jenis murid yang paling bikin kesal orang yang sedang presentasi. Tipe murid yang satu ini kerap kali memberikan pertanyaan-pertanyaan diluar batas kemampuan temannya.

Kadang sebagai orang yang diberi pertanyaan, perasaan malu, khawatir, dan kesal pun seringkali bercampur menjadi satu. Kamu pernah ngalamin?

7. Tipe murid yang belum mau bertanya kalau belum ditegur terlebih dahulu

Entah karena malu untuk mengacungkan tangan, atau karena mereka tidak punya pertanyaan. Tipe murid yang satu ini biasanya harus ditegur terlebih dahulu, barulah kemudian mereka mengajukan pertanyaan. Meski beberapa pertanyaan seringkali agak aneh sih.

8. Tipe murid yang malah ngobrol dan main gadget,nyebelin banget!

Kelakuan murid ketika presentasi itu emang ada-ada saja. Dari mulai ngobrol, main hp, ngegosip, bahkan sampai ada yang tidur. Duh, mereka niat buat sekolah gak sih sebenarnya?

9. Tipe murid yang memberi pertanyaan tapi gak sesuai sama materi yang sedang dibahas

Kamu: "Ada yang ingin kalian tanyakan?"

Teman: "Itu cara bikin presentasi-nya gimana sih? Keren banget, bagi template powerpoint-nya dong!"

Kamu: "Gak nanya itu juga kali!" (Tuturmu dalam hati, sambil mulut senyum-senyum sendiri).

10. Tipe murid yang memperhatikan kalau lagi ada guru. Tapi ketika guru keluar sebentar, langsung deh pada heboh sendiri

Ketika ada guru, semua mata hanya tertuju pada orang yang sedang presentasi. Giliran guru keluar sebentar, gatal rasanya pengen segera beranjak dari tempat duduk dan lari ke kantin buat jajan. Duh, jangan ditiru, ya!

11. Tipe murid yang banyak nawar, dan sering 'menggoda' temannya yang sedang presentasi

"Pertanyaan aku maunya dijawab sama yang baju putih dong!" atau "Semangat, ya Beb!" (Bukan siapa-siapanya, tapi udah panggil beb. Dasar Buaya!).

Presentasi itu tidak melulu membosankan kok. Karena buktinya, tidak sedikit dari peserta didik yang justru merasa terhibur dengan tingkah polah siswa dan suasana kelas ketika presentasi. Kalau kamu sendiri, tipe murid mana sih yang paling sering kamu temui ketika sedang presentasi?

Follow Us On :
Ranking
1
2
Lencana
Kongkow