999 +
0
123
0
Yuk! Jaga Kesehatan Mata dengan Makanan Ini
6 months 'ago'

Mata yang sehat merupakan impian semua orang. Syarat mata yang sehat yaitu dapat melihat benda yang dekat maupun jauh dengan sangat jelas. Penyakit mata sudah tidak asing lagi di telinga kita seperti miopi atau rabun jauh, presbiopi atau tidak mampu melihat benda dalam jarak jauh maupun jarak dekat, katarak, hipermetropi atau rabun dekat, maupun buta warna yang tidak bisa sama sekali membedakan aneka warna. Agar Anda terhindar dari salah satu penyakit mata tersebut, Anda harus lebih memahami dan mengerti cara menjaga kesehatan mata yang sesuai dengan etika kesehatan. Salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi makanan bergizi tinggi untuk kesehatan mata.

Berikut jenis makanan yang berguna buat menjaga kesehatan mata:
1. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi kesehatan mata karena wortel mengandung beta-karoten, yang mana beta-karoten tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga bermanfaat melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita.

2. Biji bunga matahari
Siapa sangka camilan yang biasa kita gunakan sebagai pengganti pocorn ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita. Kuaci mengandung selenium, zinc dan vitamin E yang bisa mencegah gangguan pada mata seperti katarak dan gangguan pada mata yang disebabkan oleh faktor penuaan. Selain itu biji bunga mata hari juga mengandung vitamin B2 yang berfungsi untuk mengatasi penyakit sensitivitas mata terhadap cahaya atau sering dikenal dengan istilah "photophobia"

3. Alpukat
Buah alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lutein paling banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi Lutein sendiri yaitu mencegah degenerasi makular dan mata katarak. Selain itu buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten yang berguna dalam membentuk vitamin A agar dapat diserap tubuh dengan baik.

4. Tomat
Buah Tomat sering digunakan untuk merawat keehatan kulit muka, tetapi buah tomat juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Tomat yang diperkaya vitamin A, vitamin C dan lycopene, yang merupakan tiga nutrisi yang sangat penting untuk mata.

5. Telur
Makanan yang satu ini mengandung sumber nutrisi yang sangat baik untuk mata diantaranya seperti lutein, B12, vitamin D, zinc, vitamin A, dan cysteine. Lutein dan zeaxanthin yang terkandung di dalam putih telur adalah antioksidan terbaik yang dapat mencegah proses degenerasi makular dan penyakit katarak.

6. Bayam
Selain dapat menambah energi, makanan kesukaan Popeye ini ternyata hampir sama seperti telur, ternyata bayam juga mengandung banyak zeaxanthin dan lutein. Selain itu bayam juga mengandung vitamin C yang dapat mencegah penyakit glaukoma.

7. Brokoli
Brokoli juga merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk merawat dan menjaga kesehatan mata karena brokoli ini mengandung nutrisi yang sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang berfungsi untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV. Tidak hanya itu, mengkonsumsi brokoli terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak.

Di samping rutin mengkonsumsi makanan untuk kesehatan mata, Anda juga harus disiplin dalam melakukan tes mata secara reguler. Ini adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan kesehatan mata Anda. Sebagai tambahan, istirahatkan kedua mata Anda pada waktu siang dan malam hari, hal kecil ini dapat membantu Anda dalam menjaga mata tetap sehat.

 

Follow Us On :
Ranking
1
2
Arifah
75
Lencana
Kongkow