999 +
0
121
0
Simak Pelajaran Penting yang Tak Diajarkan di Kampus Saat Anda Sudah Bekerja
3 months 'ago'

Menjadi seorang mahasiswa merupakan sebuah proses menuju ke dunia sebenarnya. Sedikitnya, Anda akan menghabiskan waktu selama empat tahun atau bahkan lebih untuk menyelesaikan studi dalam jenjang sarjana. Selama itu pula, Anda telah mendapat banyak sekali pelajaran dan hal yang Anda lakukan. Mulai dari mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), bergabung ke dalam organisasi mahasiswa, kerja paruh waktu, melakukan kegiatan akademik maupun bergaul dengan teman-teman satu kampus.

Semua hal tersebut terangkum manis dan berakhir indah kala Anda sudah resmi dan dinyatakan lulus pada upacara sakral para mahasiswa yaitu wisuda. Namun, itu semua hanyalah awal. Perjalanan sebenarnya dalam hidup akan ditempuh setelah Anda lulus dari kuliah dan mulai meniti karir.

Sebagai fresh graduated, Anda pastinya akan berusaha tampil semaksimal mungkin dan berlaku profesional di hadapan atasan. Terkadang, ilmu yang di dapatkan selama kuliah tidak selalu terpakai. Ada beberapa pelajaran berharga dan penting yang tidak diajarkan di kampus saat Anda sudah masuk dunia kerja.

Komunikatif kepada setiap orang

Anda pastinya harus beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Dunia kerja yang belum sama sekali dijalani. Di tempat bekerja nanti, Anda akan dihadapkan oleh banyak orang yang memiliki latar belakang berbeda.

Tentunya Anda sebaiknya berhati-hati dan mulai mempelajari latar belakang lawan bicara Anda. Bersikaplah terbuka dan buat mereka nyaman. Buatlah kesan menarik untuk mereka yang baru Anda kenal. Dengan begitu, hubungan pertemanan Anda di kantor akan terasa lebih hidup dan bahkan mereka tidak akan segan memberikan bantuan kepada Anda.

Pandai memilih pergaulan 

Di lingkungan kerja Anda yang baru, pastinya Anda butuh seseorang untuk berbagi seperti ikut dalam kelompok sosial. Akan tetapi, ada baiknya kamu mempertimbangkan dengan matang sebelum akhirnya memutuskan masuk terlalu jauh dalam kelompok-kelompok itu. Adakalanya Anda harus diam dan mengamati lingkungan sekitar, dan bisa memilah mana rekan yang baik dan akan menjadi rekan Anda kedepan, atau hanya muncul di saat tertentu.

No Gadget! ketika di tempat kerja

Terkadang, kebiasaan memegang gadget dan segala kecanggihannya membuat Anda lupa dan melalaikan tugas. Alhasil, kerjaan jadi molor dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Tidak hanya itu, menjauhkan gadget dari meja kerja juga membantu Anda membangun relasi serta hubungan sosial sesama rekan kantor

Belajar dari senior

Dari segi pengalaman bekerja, Anda tentu masih baru dan tentu membutuhkan bimbingan khusus untuk memaksimalkan pekerjaan Anda. Mulai dekati senior dan tanyakan apa yang membuat Anda merasa kesulitan. Perluas pula wawasan Anda dengan membaca.

Follow Us On :
Ranking
1
2
Arifah
75
Lencana
Kongkow