0
35
0
6 Alasan Mahasiswa Kuliahnya Lama Tamat
3 weeks 'ago'

Bagi sebagian mahasiswa pada dasarnya kuliah bukan sekedar tamat saja, melainkan sebuah proses yang nanti berguna di kehidupan selajutnya.

Yang namanya proses pasti butuh waktu kan... ada yang cepat tamatnya, ada butuh waktu lama dan ada yang lama sekali.

Namun, mengapa mahasiswa lama tamat?

Berikut beberapa alasan mahasiswa lama tamat kuliah, menurut mahasiswa yang mengalaminya dan bukan merupakan untuk pembenaran diri, hehe. Langsung disimak aja,

1. Salah Jurusan

Ini alasan yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa, karna salah jurusan akan menghilangkan semangat belajar.

Bayangkan mahasiswa yang lemah hitung – hitungan matematika harus masuk jurusan Fisika, Kimia, ataupun Matematika. Ya, udah jelas dia pasti kalang kabut bertahan di jurusan itu apalagi untuk menamatkannya, harus pakai tenaga ekstra.

2. Kuliah Karna Terpaksa atau Kuliah Karna Gengsi

Semua orang tua pasti ingin melihat anaknya punya pendidikan tinggi, hal ini yang membuat mereka untuk memaksa anak – anaknya untuk kuliah.

Karna suatu paksaan maka anak tersebut harus menjalaninya atau si anak cuma mau ikut – ikutan kuliah karna teman – temannya banyak yang kuliah.

Paksaan & gengsi akan membuat dia lama untuk untuk tamat karena tidak ada motivasi.

3. Jauh Dari Orang Tua, Terlena Dengan Kebebasan

momen mahasiswa perantau

Karna baru pertama kali jauh dari orang tua dan gak ada pengawasan langsung, jadi merasa bebas sebebasnya. Mulai dari nongkrong sepanjang waktu, begadang dan lain sebagainya, tanpa memperdulikan yang namanya kuliah.

Yah, jangan ditanyak lagi berapa banyak mahasiswa yang mengalami seperti ini. Ketika teman-temanya sudah pada tamat, dia masih berjuang dengan SKS-nya yang masih banyak ketinggalan.

4. Terlalu Sibuk di Organisasi Kampus

Berorganisasi adalah hal yang sangat baik bagi mahasiswa, karna banyak proses pembelajaran yang dapat dari organisasi tersebut.

Banyak mahasiswa yang terlalu asyik dengan organisasi sehingga melupakan prioritas untuk kuliah. Namun dari semua alasan mahasiswa untuk lama tamat kuliah, terlalu sibuk berorganisasi adalah alasan yang paling logis.

Karna dia banyak menempa diri di dalam organisasi tersebut, mulai dari sering rapat, pertemuan, diskusi – diskusi, serta aksi – aksi yang banyak dilakukan.

Biasanya mahasiswa yang lama tamat karena organisasi tidak akan kehilangan arah ketika dia sudah menamatkan kuliahnya.

Kenapa? Karena dia sudah banyak menempa diri organisasi sehingga sudah tahu kemana kakinya akan melangkah.

5. Sudah Bisa Menghasilkan Uang

Kerja part time banyak dilakoni oleh mahasiswa, sudah barang pasti mereka akan mendapat bayaran dari kerja tersebut. Namun, banyak yang terlena karna sudah bisa menghasikan uang.

So, mereka akan lalai dengan kuliahnya. Karna ujung dari tamat kuliah mencari kerja, jadi kenapa harus cepat – cepat tamat kuliah kalau sudah bisa menghasilkan uang, walau belum tamat kuliah.

Ini merupakan motivasi sebagian orang. Jadi tergantung pada pilihan masing – masing.

6. Bermasalah Dengan Dosen

Kejadian seperti ini banyak dialami mahasiswa, terutama pada saat menyelesaikan tugas akhir.

Biasanya, masalah ini terjadi karna si mahasiswa melawan atau menentang dosen pembimbingnya, ketika proses pengerjaan tugas akhir,  si dosen dengan semena – mena menilai hasil kerja mahasiswanya.

Atau bermasalah dari awal pada ketika mengikuti mata kuliah dosen tersebut, ehhh, pada saat tugas akhir dapat dosen pembimbing dia.

Kelulusan adalah hal yang mutlak bagi mahasiswa, jangan sampai tidak lulus ataupun DO. Karna kelulusan merupakan hal yang sangat membanggakan bagi orang tua.

Memang, Mark Zukerberg di DO dari kampusnya, tapi dia dapat gelar Doctor Kehormatan dari mantan kampusnya, dan seketika itu orang tuanya senyum sumringah atas prestasi tersebut.

Alasan mana yang kamu pakai untuk lama tamat kuliah?

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow