999 +
0
22
0
Informasi Mengenai Wilayah Rawa Di Alam
1 week 'ago'

Daerah rawa ini juga merupakan daerah atau wilayah yang terdapat di planet bumi dan proses terjadinya pun baik melalui proses alamiah atau pun melalui usaha yang dibuat oleh manusia. Pada kesempatan ini kita akan secara bersama - sama untuk menambah wawasan mengenai daerah rawa yang terdapat di alam. Kita akan mempelajari ciri - ciri dari wilayah rawa, jenis - jenis atau tipe dari rawa, pemanfaatan wilayah rawa, dan hal - hal lainnya yang berkaitan dengan rawa tentunya. Untuk menambah informasi tersebut maka silahkan menyimak dengan seksama catatan kali ini. "Selamat Membaca"...

Mendefinisikan pengertian dari wilayah rawa

Di alam ini daerah rawa dapat diartikan sebagai suatu daerah basah yang mana selalu digenangi oleh air (lumpur) dikarenakan drainase yang dimiliki oleh daerah tersebut kurang. Dapat dikatakan letak wilayah rawa ini lebih rendah jika dibandingkan dengan daerah di sekitarnya. Lahan atau daerah rawa ini selalu dalam keadaan jenuh air atau tergenang oleh air selama sepanjang tahun.

Dinamakan dengan rawa termasuk juga lahan gambut atau air, yang pembentukannya melaui proses secara alami maupu. melalui proses buatan, dengan keadaan air yang tidak bergerak atau tidak mengalir baik air tawar, asin, maupun air payau, dan juga wilayah laut yang mana pada kedalaman terendah ketinggian airnya tidak melebihi enam meter. Pada umumnya daerah rawa ini terdapat pada wilayah pantai yang landai dan di muara suangai besar. Pada daerah rawa ini banyak ditumbuhi oleh rumput - rumput rawa dan beberapa pohon perdu. Adapun genangan air yang menggenang pada wilayah rawa ini berasal dari air hujan, air sungai, maupun juga dapat berasal dari air laut. Air laut dapat masuk ke wilayah rawa karena mendapat pengaruh dari peristiwa pasang air laut. Dengan adanya kondisi yang demikian terdapat daerah rawa yang mengandung air yang bersifat tawar, payau, dan air yang bersifat asin.

Pada dasarnya atau sebenarnya lahan rawa ini merupakan wilayah yang menempati posisi peralihan diantara sistem daratan dengan sistem perairan diantaranya antara wilayah daratan dengan wilayah laut, di wilayah daratan sendiri, antara daratan wilayah lahan kering dengan sungai atau danau. Wilayah rawa ini selalu dalam keadaan dangkal, tergengang oleh air yang diam, atau juga mempunyai air tanah dangkal kondisi seperti ini terjadi sepanjang tahun atau beberapa bulan dalam setahun sebagai akibat dari menempati sebagai wilayah peralihan antara daratan dengan perairan.


Sampai di sini dahulu catatan kali ini yang membahas mengenai informasi yang berkaitan dengan daerah atau wilayah rawa yang ada di alam. Semoga dengan adanya catatan yang sederhana ini dapat mudah dipahami dan bisa diambil manfaatnya. Terimakasih dan Semangat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow