999 +
0
39
0
Informasi Umum Tentang Lautan
3 weeks 'ago'

Laut merupakan bagian dari penyusun planet bumi yang mana kondisinya berupa wilayah cekungan luas yang berisi oleh air yang mana airnya berasa asin. Lautan di planet bumi ini memiliki nilai prosentasi kurang lebih 71 % ( tujuh puluh satu persen ) dari keselurahan bagian bumi. Berdasarkan pada nilai persentase dari wilayah laut tersebut dapat diketahui dan diambil kesimpulan bahwasanya sebagian besar wilayah di bumi merupakan laut. Disamping tersusun atas lautan bumi ini juga tersusun atas daratan yang mana dalam nilai persentase nilainya kurang lebih 30 % ( tiga puluh persen ) dari keseluruhan bagian penyusun bumi. Hal ini memberikan informasi bahwasanya luas daratan tidak ada setengahnya dari luas lautan yang ada di bumi ini. Adapun laut yang mempunyai wilayah yang luas dinamakan dengan lautan atau samudra. Di planet bumi ini terdapat beberapa samudra diantaranya Samudra Pasifik atau disebut juga dengan Lautan Teduh, Samudra Atlantik, dan Samudra Hindia.

Ada juga perairan di bumi yaitu wilayah danau yang mana memiliki kandungan air sebagian bersifat air tawar, sedangkan wilayah laut ini memiliki kandungan air bersifat air asin. Wilayah laut memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga air yang dikandungnya bersifat asin. Kandungan garam yang dimiliki oleh air laut berasal dari daratan. Garam khususnya NaCl merupakan kandungan garam yang banyak berasal dari wilayah daratan. Mineral garam ini awal mulanya terkandung di dalam batuan yang terdapat pada daratan karena megalami pelapukan maka bagian batuan yang juga mengandung garam hancur menjadi bagian - bagian yang kecil. Bagian - bagian dari batuan yang telah hancur tersebut larut di dalam air dan terbawa oleh air menuju ke laut. Proses ini tentunya berlangsung dalam waktu yang lama dan terus berulang sehingga kandungan garam yang dimiliki oleh air laut semakin tinggi sehingga menyebabkan air yang terkandung di dalam lautan menjadi rasanya asin. Air laut ini pada umumnya memiliki nilai kandungan garam kurang lebih 3,5 % yang dapat diambil pengertian di dalam setiap 100 gram air laut terdapat kandungan garam - garaman sebesar 3,5 gram atau juga 35 gram garam - garaman pada setiap 1000 gram air laut.

Setiap laut atau lautan memiliki kandungan garam - garaman yang tidak sama. Perbedaan besar kecilnya kandungan garam yang dimiliki oleh air laut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berpengaruh pada laut tersebut.

[1] Banyak sedikitnya kandungan air tawar yang masuk atau bercampur dengan air laut mempengaruhi tingkat atau kadar garam yang dimiliki oleh air laut. Hal ini dapat diartikan apabila air tawar yang masuk ke laut berasal dari air sungai, air hujan, atau pun yang berasal dari gletser jumlahnya semakin banyak maka dapat menyebabkan kadar garam yang dimiliki oleh air laut semakin rendah, begitu pula sebaliknya.

[2] Besar kecilnya penguapan yang terjadi di laut dapat juga berpengaruh terhadap kadar garam yang dimiliki oleh air laut. Penguapan ikut berpengaruh pada kadar garam bilamana banyak penguapan yang terjadi maka kadar garam yang dimiliki semakin meningkat atau juga sebaliknya.

[3] Aliran air yang terjadi di laut, hal ini juga menjadi penyebab tinggi rendahnya kadar garam pada laut tersebut. Ketika aliran air di suatu laut dapat bergerak bebas atau mudah mengalir ke wilayah laut yang lain apalagi dapat megalir secara mudah dan bebas ke laut terbuka maka wilayah laut ini mempunyai kadar garam yang rendah. Bigitu juga sebaliknya apabila wilayah laut tersebut aliran air tidak bebas atau tempatnya terisolasi maka dapat membuat kandungan garam pada air menjadi meningkat atau tinggi.

Tinggi rendahnya kandungan garam - garaman pada air laut tentunya juga menunjukan seberapa unik dan istimewanya bumi yang kita tempati ini. Keistimewaan ini ditujukan dengan kandungan garam - garaman pada air di lautan tidak sama antara lautan yang satu dengan lautan yang lainnya. Antara bagian laut juga memiliki ciri khas yang berbeda. Selain itu makhluk hidup yang ada di lautan pun juga tidak sama di setiap kedalaman. Setiap makhluk hidup yang mendiami lautan mereka sudah bisa menyesuaikan diri denngan kondisi bagian lautan dimana mereka bertempat hidup. Dengan kondisi yang demikian tentunya di lautan ini pula terdapat berbagai makluk hidup air yang mana tentunya jenisnya banyak sekali. Lautan luas di bumi ini sebagian besar sebagai tempat hidup ikan yang mana jenisnya banyak sekali mulai dari yang ukurannya kecil sampai yang ukuran tubuhnya besar. Bahkan juga mulai dari ikan yang jinak sampai ikan yang buas. Semuanya itu hidup dilautan mulai dari lautan yang dangkal sampai dengan ke bagian lautan yang dalam.

Disamping binatang, di lautan juga terdapat berbagai jenis tumbuhan laut yang juga bisa beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan laut yang tidak sama. Tumbuhan tersebut dipergunakan oleh binatang laut sebagai tempat untuk bertempat tinggal dan tempat untuk mencari makanan. Tumbuan dan hewan yang hidup di lautan ini memiliki kemampuan adaptasi yang sudah di rancang sesuai dengan keadaan lingkungan laut. Dengan adanya binatang dan tanaman laut tentunya semakin menambah keindahan yang dimiliki oleh laut sehingga dapat diguanakan oleh manusia sebagai sarana berekreasi atau berwisata.Kita dapat mengambil manfaat dari laut dengan memanfaatkan kandungan mineral dan hayati yang terdapat pada lautan dengan demikian laut tentunya sangat berperan dalam kehidupakan sebagian makluk hidup di bumi ini. Guna mengambil manfaat dari laut kita harus mengetahui kandungan apa saja yang dimiliki oleh laut ini, tentu saja caranya kita harus mempelajari seluk beluk hal - hal yang berhubungan dengan lautan tersebut. Ketika kita sudah bisa mengetahui kandungan dan bagian mana yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan maka manfaat yang diberikan oleh laut dapat dirasakan.

Salah satu dari bagian planet bumi yaitu bagian perairan yang mana tempatya terdiri dari air dan luasnya sangat luas. Laut merupakan salah satu bagian perairan yang berada di planet buni yang mana merupakan salah satu bagian yang menyusun bumi. Mencari tahu informasi tentang laut tentunya akan semakin membuat kita mengenal planet bumi ini. Kita dapat mencari tahu informasi mengenai laut dari banyak sumber informasi yang sudah tersedia dan sudah sedemikian mudahnya apa lagi dengan kemajuan teknologi informsi yang terus berkembang semakin canggih dan modern.

Informasi mengenai lautan yang diangkat pada artikel ini tentunya di ambil dari sumber - sumber yang mendukung dan relevan. Isi yang menjadi pembahasan di dalam tulisan ini mengenai pengertian dari laut dan juga hal - hal lainya yang berkaitan dengan laut. Penulis berusaha untuk menyajikan informasi ini dengan menggunakan gaya bahasa penulis sendiri dan dibuat agar mudah dimengerti serta bisa semakin menambah pengetahuan kita.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow