999 +
0
48
0
Mempelajari Mengenai Gunung Api Di Planet Bumi
3 weeks 'ago'

Mempelajari tentang hal - hal yang berkaitan dengan gunung api atau gunung berapi. Gunung berapi, barang kali sebagian besar dari kita semua sering mendengar atau membaca mengenai ganung berapi atau gunung api. Seperti yang kita ketahui bahwasanya gunung berapi ini merupakan bagian dari bentang alam yang terdapat di planet bumi ini. Dengan demikian semakin menambah pemahaman kita bahwasanya planet bumi sebagai tempat hidup makhluk hidup termasuk manusia di dalamnya, memiliki komponen atau bentang alam yang bermacam - macam salah satu diantaranya adalah gunung api. Di dalam catatan kali ini akan berusaha untuk mengetahui mengenai beberapa hal atau informasi - informasi yang berhubungan dengan gunung api atau gunung berapi.

Ketika kita berusaha untuk mencari tahu mengenai hal - hal yang berkaitan dengan gunung berapi maka kita akan memperoleh beberapa informasi mengenai pengertian gunung berapi, macam - macam bentuk gunung api, manfaat dari gunung api, dan kerugian dari gunung api. Beberapa hal tersebut akan kita ketahui secara bersama - sama dalam catatan kali ini. Untuk lebih mengetahui mengenai hal - hal yang berkaitan dengan gunung berapi perihal yang dicetak mirim di atas silahkan menyimak tulisan kali ini dengan seksama. Semoga informasi yang dipaparkan kali ini bisa diterima dan mudah dimengerti, "Selamat membaca dan belajar".

Mengetahui pengertian dari gunung berapi atau gunung api

Gunung api atau gunung berapi ini secara umum dapat diartikan sebagai suatu bentuk gunung yang memiliki kawah yang mana kawah tersebut berisi material magma yang berasal dari dalam perut bumi. Dengan kata lain gunung api ini dapat diartikan sebagai suatu bentuk rekahan atau lubang kepundan yang berada pada bagian kerak bumi sebagai tempat keluarnya material magma atau gas atau material lainnya dari dalam perut bumi menuju ke bagian permukaan bumi. Gunung berapi yang memiliki status aktif dapat sewaktu - waktu mengalami letusan atau erupsi untuk mengeluarkan material magma yang telah lama tertimbun atau tersimpan di dalam bagian perut bumi. Erupsi atau letusan yang dilakukan oleh gunung berapi ini tentunya akan menimbulkan dampak positif dan dampak negatif terhadap lingkungan hidup. Gunung berapi di alam ini terjadi sebagai akibat dari adanya endapan magma yang berada di dalam perut bumi yang mengalami dorongan keluar dari perut bumi oleh gas yang memiliki tekanan yang sangat tinggi.

Mencari tahu mengenai bentuk gunung api yang terdapat di bumi

Di alam gunung api atau yang dinamakan dengan vulkan ini dapat digolongkan menjadi tiga jenis gunung api antara lain gunung api perisai, gunung api strato, dan gunung api maarGunung api perisai  merupakan jenis gunung api di planet bumi yang mana bentuknya menyerupai perisai atau tameng. Lereng yang terdapat pada gunung jenis ini memiliki kondisi yang sangat landai. Ketika meletus atau mengalami erupsi jenis gunung api perisai ini mengeluarkan material lava yang berbentuk sangat cair. Erupsi yang disebabkan oleh gunung api jenis ini dinamakan dengan erupsi efusifGunung api strato  yaitu salah satu jenis gunung berapi yang mana memiliki bentuk seperti kerucut. Ketika mengalami erupsi atau meletus gunung api jenis ini mengeluarkan material berselang seling antara lava berbentuk cair dengan lava yang berbentuk kental. Kondisi yang seperti ini menyebabkan material yang dikeluarkan saat terjadi erupsi akan menumpuk pada bagian puncak gunung sehingga gunung yang memiliki tipe seperti ini lama - kelamaan akan semakin bertambah tinggi. Gunung api maar  adalah tipe gunung berapi yang memiliki daya letusan yang sangat kuat biasa disebut dengan eksplosif, letusan dengan daya yang kuat ini mengakibatkan batuan yang berada pada sekitar lubang kepundan ikut terbawa keluar dan akhirnya terbentuk lubang kepundan yang menyerupai bentuk corong. Lubang yang berbentuk corong ini dikelilingi oleh tebing - tebing yang terombak ketika terjadi letusan atau erupsi. Apabila dinding dan bagian dasar dari dari gunung maar ini tidak tembus air makan membentuk suatu danau yang dinamakan dengan danau maar.

Beberapa manfaat atau keuntungan dengan terdapatnya gunung api bagi lingkungan hidup

Keberadaan gunung berapi di planet bumi ini dapat diketahui bahwasanya memiliki beberapa manfaat atau keuntungan terhadap lingkungan hidup diantaranya 

[1] Abu vulkanis yang dikeluarkan oleh gunung berapi ketika terjadi erupsi atau letusan ini dapat membuat tanah pertanian menjadi subur karena abu ini banyak mengandung unsur hara yang diperlukan oleh tanaman. 

[2] Ketika mengalami erupsi atau letusan gunung berapi ini mengeluarkan material seperti halnya kerikil, pasir, dan batu - batu besar. Tentunya material - material yang dikeluarkan oleh gunung berapi ini merupakan material industri sebagai bahan pembuat bangunan. 

[3]Gunung api ini terbentuk dari material magma yang keluar dari dalam perut bumi menuju ke permukaan bumi. Material magma yang keluar menuju bagian permukaan bumi ini banyak mengandung berbagai jenis mineral loga dan berbagai macam bahan tambang. Dengan demikian banyak barang tambang yang diketemukan pada daerah pegunungan dan daerah gunung berapi. 

[4] Keadaan gunung api yang menjulang tinggi menyebabkan timbulnya hujan orografis sehingga dapat mengakibatkan daerah tersebut memiliki intensitas curah hujan yang tinggi. 

[5] Pada umumnya daerah yang memiliki gunung berapi ini merupakan daerah yang tingi sehingga daerah ini dapat dimanfaatkan daerah hutan, perkebunan, dan juga dapat sebagai daerah pariwisata.

Beberapa kerugian yang ditimbulkan dengan adanya gunung berapi terhadap lingkungan hidup

Gunung berapi yang terdapat di bumi ini juga dapat menimbulkan kerugian terhadap lingkungan hidup diantara dari kerugian yang disebabkan dengan adanya gunung berapi yaitu 

[1] Ketika mengalami letusan atau erupsi gunung berapi ini mengeluarkan atau menyemburkan lava pijar. Lava pijar yang dikeluarkan oleh gunung api ini memiliki suhu yang sangat tinggi dan bergerak menuruni lereng gunung. Dengan keadaan suhu yang tinggi seperti demikian, lava dapat menghanguskan atau membakar segala sesuatu yang dilewati baik manusia, hewan, dan juga tumbuhan. 

[2] Gunung berapi pada saat meletus selain mengeluarkan lava pijar juga mengeluarkan gas panas. Gas panas ini memiliki gerakan yang lebih cepat dari pada gerakan lava pijar. Gerakan gas panas ini menuruni lereng gunung, dapat membentuk awan panas dan dapat menghanguskan segala sesuatu yang dilaluinya. 

[3] Gunung api tertentu pada bagian puncaknya terdapat kawah, pada waktu meletus lava pijar yang disemburkan akan bercampur dengan air yang terdapat pada kawah tersebut membentuk lahar panas. Lahar panas ini bergerak meluncur ke bawah menuruni lereng gunung dengan cepat dan segala sesuatu yang dilaluinya.
 

Kurang lebih demikian pemaparan apa adanya mengenai informasi yang berkaitan dengan gunung api. Semoga catatan ini bisa dengan mudah dipahami dan memberikan manfaat. Terimakasih atas kunjungan dari teman - teman yang sudah menyempatkan waktunya untuk menyimak catatan kali ini. "Salam semangat"

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow