999 +
0
74
0
Mengetahui Tanda - Tanda Pertumbuhan Pada Makhluk Hidup
4 weeks 'ago'

Pertumbuhan yang dialami oleh suatu makhluk hidup merupakan bagian dari kehidupan yang dialami oleh makhluk hidup tersebut. Makhluk hidup menjalani kehidupannya dengan cara yang berbeda - berda tergantung cara penyesuaian diri dari makhluk hidup tersebut terhadap lingkungan tempat hidupnya atau tempat tinggalnya . Jenis makhluk hidup yang tidak hanya satu macam tetapi banyak jenisnya tentunya mempunyai cara penyesuaian yang berbeda - beda. Selain cara penyesuaian diri yang berbeda makhluk hidup yang berbeda - beda jenisnya tersebut juga hidup di tempat atau lokasi yang tidak sama. Berbagai makhluk hidup yang hidup di alam ini kesemuanya mengalami suatu proses pertumbuhan.

Proses pertumbuhan yang dialami oleh makhluk hidup tersebut memiliki tanda - tanda pertumbuhan yang dapat digunakan sebagai informasi bahwasanya suatu makhluk hidup tersebut telah mengalai proses pertumbuhan. Untuk mengetahui informasi mengenai tanda - tanda bahwa makhluk hidup tersebut telah mengalami proses pertumbuhan maka akan sama - sama kita ketahui dalam catatan kali ini. Silahkan menyimak isi dari catatan kali ini dengan seksama untuk memahami mengenai ciri - ciri bahwasanya makhluk hidup telah mengalami pertumbuhan.

# Memahami tanda - tanda pertumbuhan makhluk hidup dan faktor - faktor yang menjadi penyebab pertumbuhan pada makhluk hidup

Makhluk hidup yang terdapat di alam bebas ini mengalami suatu proses pertumbuhan yang mana proses ini memperlihatkan ciri - ciri atau tanda - tanda. Dari tanda - tanda pertumbuhan yang diperlihatkan oleh makhluk hidup maka bisa dipergunakan sebagai informasi kalau makhluk hidup tersebut mengalami pertumbuhan. Tanda - tanpa yang memperlihatkan kalau makhluk hidup tersebut mengalami pertumbuhan tentunya juga adanya faktor - faktor yang menyebabkan untuk bisa membuat makhluk hidup tersebut tumbuh. Pada uraian berikut ini akan diuraikan mengenai beberapa tanda yang dapat dijadikan pedoman kalau suatu makhluk hidup telah mengalai pertumbuhan.

Berbagai macam tanda - tanda yang memperlihatkan kalau tumbuhan telah mengalami proses pertumbuhan seperti yang diuraikan berikut ini. Tumbuhan mengalami proses pertumbuhan dapat diketahui berdasar pada tanda - tanda yang diperlihatkan oleh tumbuhan tersebut. Tanda - tanda yang memperlihatkan kalau tumbuhan tersebut telah tumbuh diantaranya :

[1] Selama bertambah usia atau umur tumbuhan mengalami pertambahan panjang, pertambahan panjang ini pada berbagai bagian dari tumbuhan tersebut. Bagian - bagian pada tumbuhan yang mengalami pertambahan panjang seperti halnya batang, cabang, ranting, akar dan bagian lainnya yang bisa memanjang. Dengan tumbuhan mengalami pertambahan panjang maka tumbuhan yang hidup dengan usia yang semakin bertambah maka kondisi dari tumbuhan tersebut akan semakin tinggi atau bahkan akan semakin rimbun. 

[2] Seiring dengan bertambahnya usia dari tumbuhan, bagian dari tumbuhan juga mengalami pertambahan lebar. Pertambahan lebar dari tumbuhan ini dapat berlangsung pada batang tumbuhan tersebut, dengan mangalami pertambahan lebar maka batang dari tumbuhan tersebut kan semakin besar. Selain pada batang bagian dari tumbuhan yang dapat mengalami pertambahan lebar adalah daun. 

[3] Seiring dengan bertambahnya panjang dan lebarnya dari suatu tumbuhan maka tentunya bobot atau berat dari tumbuhan tersebut akan bertambah. Hal - hal seperti demikian merupakan beberpa tanda - tanda pertumbuhan yang diperlihatkan oleh tumbuhan. Dengan adanya tanda - tanda yang diperlihatkan oleh tumbuhan ketika mengalami pertumbuhan maka kita dapat mengetahui bahwasanya tumbuhan tersebut dalam keadaan sehat atau normal. Tentunya selain mengetahui normal atau tidak keadaan tumbuhan masih banyak lagi lainnyan manfaat yang dapat diperoleh dari kita mengetahui tanda - tanda pertumbuhan yang diperlihatkan oleh tumbuhan.

Tanda - tanda pertumbuhan yang dapat diperlihatkan oleh hewan atau binatang seperti yang diuaraikan pada paragrap ini. Hewan atau binatang juga merupakan makhluk hidup yang berada di alam ini jadi juga mengalami proses pertumbuhan dengan baik, apabila dalam keadaan normal. Ada pun beberapa tanda - tanda pertumbuhan yang diperlihatkan oleh hewan ketika hewan tersebut mengalami pertumbuahan diantaranya. Seperti halnya dengan tumbuhan dengan seiring bertambahnya usia hewan ini juga mengalami bertambahnya ukuran baik panjang maupun lebar. Dengan mengalami pertambahan panjang maupun lebar makan binatang yang mengalami proses pertumbuhan dengan normal maka juga mengalami pertambahan bobot atau berat badan. Dengan konisi yang normal maka hewan atau binatang ini dapat mengalami proses pertumbuhan dengan keadaan yang semestinya. Ketika mengetahui mengenai tanda - tanda yang memperlihatkan kalau hewan tersebut mengalami tumbuh maka dapat memberikan informasi kepada kita mengenai keadaan dari hewan tersebut.

Selain tumbuhan dan hewan tentunya manusia sendiri juga mengalami yang dinamakan dengan proses pertumbuhan. Manusia yang mengalami proses pertumbuhan ini juga tidak berbeda dengan hewan dan tumbuhan, tentunya juga memperlihatkan tanda - tanda yang dapat memberikan informasi kalau manusia itu mengalami pertumbuhan. Adapun tanda - tanda yang diperlihatkan oleh manusia kalau mengalami proses pertumbuhan antara lain. 

[1] Manusia ketika mengalami pertumbuhan maka akan mengalami perubahan dari kecil menjadi lebih besar. Perubahan dari kecil menuju besar ini tentunya merupakan suatu hal yang disebabkan oleh adanya pertambahan ukuran pada bagian - bagian dari tubuh manusia. Pertambahan ukuran ini bisa memperlihatkan kalau manusia tersebut mengalami pertumbuhan dengan keadaan yang normal. 

[2] Dengan manusia mengalami perubahan ukuran maka manusia yang mengalami pertumbuhan juga mengalami perubahan berat. Semakin berat ukuran yang dimiliki oleh manusia maka berarti semakin normal proses pertumbuhan yang dialami oleh manusia atau malah sebaliknya, itu tergantung dari situasi dan kondisi serta pemahaman mengenai pertambahan berat yang dialami oleh manusia tersebut. Ketika kita mengetahui mengenai kondisi proses pertumbuhan yang normal atau tidak maka kita akan dapat mengambil beberapa persiapan atau tindakan, pada saat kita mengetahui kategori pertumbuhan yang sedang dialami.

Uraian pada beberapa paragrap di atas merupakan uraian mengenai hal - hal yang menjadi tanda pertumbuhan pada makhluk hidup (tumbuhan, hewan atau binatang, dan manusia). Dengan mengetahui beberapa tanda - tanda yang diperlihatkan dari proses pertumbuhan dari beberap makhluk hidup yang berada di alam ini maka kita akan bisa menambah perbendaharaan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Semakin bertambah ilmu pengetahuan yang kita punyai maka kita akan terus semangat mencari ilmu pengetahuan yang lain - lainnya. Ilmu pengetahua yang kita pelajari tidak akan pernah habis tetapi terus berkembang dan terus berkembang dengan demikian kita harus selalu semangat berpacu untuk semakin memiliki pengetahuan yang banyak.

Demikianlah uraian ringkas mengenai tanda - tanda pertumbuhan pada makhluk hidup yang dapat diuraikan pada catatan sederhana kali ini. Semoga catatan yang seadanya ini bisa mudah untuk dipahami tentunya juga harapannya bisa ikut memberikan manfaat dan dapat diambil manfaatnya. Terima kasih kepada teman - teman semuanya atas kunjunganya pada blog yang sederhana ini. Selamat belajar dan selalu semangat untuk mencari ilmu pengetahuan.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow