999 +
0
67
0
Proses Terjadi Dan Jenis Hujan Di Alam
4 weeks 'ago'

Peristiwa hujan terjadi di alam secara alami, melalui suatu proses yang terjadi alamiah karena pengaruh dari faktor - faktor yang ada di alam. Hujan ini tentunya merupakan suatu keistimewaan yang dimiliki oleh alam yang sangat berguna demi kelangsungan makhluk hidup yang ada di alam ini. Proses terjadinya hujan di alam melalui beberapa tahapan yang masing - masing tahapan tersebut saling berkesinambungan antara tahap satu dengan tahapan yang lainnya untuk menghasilkan hujan tersebut. Peristiwa hujan di alam ini juga memiliki jenis yang bermacam - macam berdasar pada hal - hal yang menjadi pembeda dari masing - masing tipe hujan yang terjadi di alam. Catatan kali ini akan berusaha untuk memaparkan mengenai pengertian dari peristiwa huja, hal - hal yang berkaitan dengan tahapan proses dari timbulnya hujan di alam, dan apa saja jenis hujan yang ada di alam ini. Untuk mengetahui mengenai informasi tersebut mari kita simak catatan ini lebih lanjut. "Semangat belajar...."
 

Mencari tahu pengertian dari apa yang dimaksud dengan peristiwa hujan itu ? .....

Oke sebelum kita mengetahui mengenai proses terjadinya dari peristiwa hujan yang ada di alam, kita akan mengetahui pengertian dari apa yang dimaksud dengan hujan itu sebenarnya. Hujan, barang kali kebanyakan dari kita sudah sering mendengar dengan kata ini dan juga sudah sering melihat peristiwa hujan yang ada di alam. Tetapi apakah kita sudah mengerti dan mengetahui dari pengertian dari istilah huja ini? Kemungkinan ada yang sudah tahu dan kemungkinan juga ada yang belum mengetahuinya. Oleh karena itu mari kita ketahui bersama mengenai arti dari peristiwa hujan agar semakin menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai hujan.

 

Di dalam kehidupan sehari - hari kita sering mengalami adanya butiran air yang jatuh dari langit, barang kali inilah yang kita namakan dengan hujan. Pemahaman yang demikian tersebut memang tidak ada yang salah. Peristiwa hujan ini dapat diartikan menjadi beberapa pengertian yang berbeda - beda tetapi maksudnya sama. Diantaranya hujan ini dapat diartikan sebagai suatu bentuk endapan dari air yang jatuh ke bumi yang berasal dari arah langit. Dalam arti lainnya hujan memiliki arti yaitu peristiwa jatuhnya zat yang berbentuk cair atau beku dari lapisan atmosfer bumi menuju ke bagian permukaan bumi yang mana disebut dengan peristiwa presipitasi. Pengatian lainnya dari istilah hujan yaitu sebagai kejadian jatuhnya air dari arah langit yang berbentuk butiran - butiran yang menuju ke permukaan bumi, dan merupakan bagian dari siklus air yang terjadi di planet bumi. Itulah tadi beberapa pengertian dari istilah hujan semoga semakin menambah kepahaman kita.

Mempelajari proses terjadinya hujan di alam

Hujan ini terjadi di alam melalui proses dengan tahan - tahap tertentu, yang mana semua tahapan tersebut memiliki proses masing - masing. Adapun proses dalam terjadinya huja di alam diantaranya, Tahap Pertama dengan adanya sinar matahari yang menyinari bumi maka menimbulkan terjadinya periswa penguapan atau evaporasi pada sumber - sumber air terdapat di bumi misalnya lautan, samudera, sungai, danau, waduk, sumur, dan lain sebagainya.

Dari proses penguapan ini dihasilkan uap - uap air yang terus bergerak menuju ke atas dengan dibawa oleh angin. Tahap Kedua uap air yang dihasilkan dari proses evoporasi di bumi dengan bantuan sinar matahari akan terus bergerah menuju ke atas dengan bantuan oleh angin. Ketika telah sampai pada ketinggian tertentu uap air yang jumlahnya banyak ini akan mengalai proses yang dinamakan dengan proses kondensasi (pengembunan). Terjadinya peristiwa atau proses kondensasi ini dikarenakan titik embun yang dimiliki oleh uap air lebih tinggi dibanding dengan suhu udara yang terdapat di sekitar uap air tersebut. Tahap Ketiga uap air yang telah mengalami proses pengembunan atau kondesasi menjadi butiran - butiran air yang membentuk awan di bumi, selanjutnya butiran - butian air (awan) dengan jumlah banyak ini akan dibawa oleh angin (timbul akibat adanya perbedaan tekanan udara). Tahap Keempat butiran - butiran air (awan) yang terbawa oleh angin ini akan bergabung antara satu dengan yang lainnya lama - kelamaan akan terus bertambah banyak dan akan tertarik menuju bumi oleh gaya grafitasi yang dimiliki oleh planet bumi. Karena pengaruh tarikan dari gaya grafitasi bumi tersebut maka butiran - butiran air yang membentuk awan tadi akan berjatuhan ke permukaan bumi. Pada saat butiran - butiran air ini menuju ke permukaan bumi maka pada ketinggian tertentu akan berada pada wilayah dengan suhu udara yang lebih tinggi dibanding dengan butiran air tersebut, sehingga sebagian mengalami penguapan dan sebagian terus jatuh ke bumi dan inilah yang dinamakan dengan hujan.

Kurang lebih mengenai beberapa tahap dalam proses terjadinya hujan yang berlangsung di alam ini telah dipaparkan pada paragraf sebelumnya. Berdasar pada tahap - tahap yang telah dipaparkan pada paragraf sebelumnya maka di sini dapat diambil beberapa proses sehingga terjadinya hujan di alam. Beberapa proses dalam terjadinya hujan di alam meliputi proses evaporasi, proses transpirasi, proses kondensasi, proses presipitasi, dan proses inflitrasi. Beberapa proses tersebut berlansung di alam secara alami dengan adanya beberapa proses tersebut maka di alam ini dapat timbul hujan.

Mengetahui macam - macam hujan atau tipe - tipe hujan yang terjadi di alam

Peristiwa hujan yang terjadi di alam ini memiliki jenis yang bermacam - macam yang digolongkan berdasarkan cirikhas dari masing - masing jenis hujan tersebut. Penggolongan tipe - tipe atau jenis hujan yang terjadi di alam ini berdasar pada beberapa faktor diantaranya berdasar pada jumlah banyaknya curah hujah, berdasar pada nilai ukuran butiran - butiran hujan, berdasar pada bentuk hujan dan berdasar pada proses atau cara terjadinya hujan tersebut. Dari berbagai faktor untuk menjadi dasar penggolongan mengenai macam - macam jenis hujan terjadi di alam maka dapat berikan pemaparan mengenai nama - nama jenis hujan yang ada di alam. Untuk mengetahui jenis - jenis hujan berdasar pada masing - masing faktor pembeda akan dijelaskan pada beberapa pembahasan di bawah ini.

Tipe - tipe atau macam - macam hujan berdasarkan pada nilai jumlah banyaknya curah hujanmerupakan pendefinisian atau pengolongan jenis - jenis hujan yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Berdasar pada faktor penggolongan ini jenis hujan yang terjadi di alam dibedakan menjadi beberapa di antaranya hujan sedang, hujan lebat, dan hujan sangat lebatJenis hujan sedang yaitu hujan yang mana memiliki jumlah curah hujannya berkisar antara dua puluh sampai lima puluh milimeter setiap harinya. Jenis hujan lebat merupakan jenis hujan yang mana memiliki julah curah hujan rata - rata setiap harinya diantara lima puluh sampai seratus milimeter. Jenis hujan sangat lebat adalah jenis hujan dengan jumlah curah hujan rerata setiap harinnya lebih dari seratus milimeter.

Tipe - tipe atau macam - macam hujan yang didasarkan pada ukuran butiran - butiran hujan dapat dibedakan menjadi hujan gerimis, hujan batu es, hujan deras, dan hujan saljuJenis hujan gerimis adalah hujan yang mana menurunkan curahan air dengan ukuran diameter butiran - butirannya kurang dari nol koma lima milimeter. Jenis hujan batu es yaitu jenis hujan yang mana menurunkan curahan hujan batu es yang berasal dari awan dengan kondisi suhu udara dibawah nol derajat celcius pada cuaca panas. 

 

Demikian sampai di sini dahulu mengenai catatan kali ini proses terjadi dan jenis hujan di alam. Semoga bisa mudah di pahami dan diambil manfaat. 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow