999 +
0
190
0
Memahami Rangka Tubuh Manusia
1 month 'ago'

Manusia sebagai makhluk hidup yang mempunyai akal, ternyata tubuh yang dimilikinya tersusun dari berbagai rangka yang berbeda - beda jenisnya. Rangka yang meyusun dari tubuh manusia ini ternyata ada berbagai macam bentuknya. Dari masing - masing bentuk rangka yang menjadi penyusun atau penyokong dari tubuh manusia tersebut ternyata kesemuannya memiliki fungsi atau kegunaan masing - masing. Masing - masing kegunaan dari rangka tubuh tersebut, pada intinya kesemuanya berguna untuk membantu manusia dalam melangsungkan hidupnya. Dari kesemua jenis rangka manusia itu semua memiliki kegunaan yang saling bekerjasama satu sama lain.

Dengan adanya saling kerjasama antara rangka yang satu dengan jenis rangka yang lain menjadikan manusia dapat menjalankan kehidupan dengan normal dan tentunya semakin mampu untuk memenuhi kesemua kebutuhan dalam hidupnya. Dalam catatan kali ini kita akan secara bersama - sama untuk mempelajari mengenai berbagai macam rangka yang menjadi penyusun tubuh manusia. Untuk memahami berbagai jenis rangka yang menjadi penyusun tubuh manusia maka silahkan menyimak catatan kali ini dengan seksama.

Mengetahui pengertian dari rangka manusia

Rangka manusia ini tersusun dari berbagai macam bentuk tulang yang sambung menyambung atau saling melekat untuk membentuk tubuh manusia. Tulang - tulang yang menjadi penyusun dari rangka manusia memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda - beda. Dari masing - masing tulang yang menjadi penyusun dari rangka manusia ini saling melekat atau saling bersambungan satu sama lain melui sendi. Dengan demikian dapat diambil pengertian bahwasanya sendi merupakan tempat melekatnya tulang - tulang penyusun dari rangka manusia. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan pengertian dari rangka adalah suatu bentuk susunan - susunan dari tulang - tulang berbeda jenis yang saling berhubungan satu sama lain melalui suatu sendi. 


Rangka yang menjadi penyusun dari bentuk tubuh manusia tersusun dari tulang - tulang. Tulang  - tulang ini terbuat dari zat kapur dan zat perekat. Zat kapur yang menjadi penyusun dari tulang yakni kalsium fosfat, sedangkan zat perekatnya berupa kolagen. Tulang - tulang yang menjadi penyusun dari rangka ini memiliki struktur yang sangat kuat dan keras, akan tetapi ringan. Dengan kondisi tulang yang seperti demikian ini maka menjadikan tulang menjadi struktur yang sangat kokoh dan ringan untuk digerakan. Kondisi yang semacam ini tentunya membuat manusia merasa nyaman untuk melakukan kegiatan dalam kehidupannya.

Berbagai jenis rangka penyusun tubuh manusia

Tubuh manusia sebenarnya tersusun atau terbentuk dari berbagai macam rangka yang tidak sama diantaranya saja rangka kepala, rangka badan, dan rangka angota gerak. Masing - masing rangka ini saling bekerja sama untuk mejadikan tubuh manusia yang sempurna. Dengan kondisi tubuh manusia yang sempurna maka manusia dapat menjalankan kehidupannya dengan sebagaimana mestinya. Tubuh manusia akan dapat berjalan atau berfungsi dengan normal bilamana kesemua rangka yang menjadi penyusun tubuhnya saling bekerja sama dengan baik. Akan tetapi bilamana ada salah satu jenis rangka yang tidak dapat berfungsi atau kehilangan fungsi karena suatu hal maka proses jalannya kehidupan manusia juga akan kesulitan. Pada pembahasan berikut ini kita akan mengetahui pemaparan dari masing - masing jenis rangka yang telah disebutkan sebelumnya. Silahkan menyimak pemaparan di bawah ini untuk semakin menambah pemahaman mengenai rangka - rangka yang menjadi penyusun tubuh manusia.

Demikianlah secara ringkas mengenai uraian dari rangka tubuh yang dimiliki oleh manusia. Semoga uraian ringkas mengenai rangka tubuh yang dimiliki oleh manusia ini dapat memberikan gambara mengenai rangka yang menjadi penyusun dari tubuh kita.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow