999 +
0
121
0
Bagaimana Menjadi Siswa Aktif, Kreatif dan Berprestasi
2 months 'ago'

Pendidikan yang semakin maju menuntut siswa untuk belajar dengan giat lagi. Proses pembelajaran di sekolah dirasa kurang untuk mendapati ilmu yang berlimpah. Pelajar Indonesia diharapkan mampu menjadi pelajar yang bisa membanggakan Indonesia di kancah dunia. Kesungguhan belajar dapat mewujudkan semua ini. 

Namun, dalam proses belajar siswa diharapkan mampu menjadi siswa yang aktif dan kreatif. Dengan kata lain, agar pelajar dapat memahami pelajaran dengan caranya sendiri. Siswa aktif dan kreatif ini adalah bekal Indonesia di masa depan. Yang diharapkan menjadi generasi kebanggaan bangsa yang dapat memajukan Indonesia. Tapi sebagian dari pelajar bingung dan tidak mengetahui bagaimana cara menjadi siswa aktif dan kreatif tersebut ? Berikut beberapa cara agar seorang siswa dapat menjadi aktif dan kreatif:

 

1.    Menggunakan kemampuan untuk berusaha, bertanya dan berpikir

Sebelumnya, pelajar harus dilandasi dengan niat yang sungguh-sungguh untuk belajar. Dengan adanya niat yang ikhlas, akan muncul pelajar yang dengan sendirinya berkeinginan untuk berusaha secara maksimal, tidak malu-malu untuk bertanya dan berpikir dengan kritis. Niat yang ikhlas dalam belajar akan mengawali untuk menjadi siswa yang aktif dan kreatif serta berprestasi.

2.    Melakukan riset maupun analisis sederhana

Setelah berusaha maka pelajar diharapkan mampu untuk melakukan riset dan analisis sederhana dengan tujuan untuk memperlebar jangkauan ilmu pengetahuan. Riset dan analisis ini dilakukan dengan cara berpikir kritis. Jika terdapat sebuah permasalahan, para siswa diharapkan mampu menguraikan masalah dengan mencari benang merah solusi penyelesaiannya.

3.    Mempelajari dan mengembangkan ide-ide serta konsep-konsep yang baru dan menantang

Ketika pelajar menemui ide-ide dan konsep yang cermelang diharapkan untuk mampu mengembangkan ide dan konsep yang dimiliki agar ide dan konsep tersebut menjadi sebuah ide-ide yang dapat bermanfaat untuk semua orang. Mengembangkan ide yang didapatkan ini bisa berkolaborasi dengan rekan sejawat atau guru yang berkompeten di sekolah. Ide sederhan pun bisa menjadi luar biasa jika dikembangkan dengan sungguh-sungguh. 

4.    Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah

Untuk menjadi siswa aktif dan kreatif, diharapkan pelajar memiliki kemampuan dalam mengatasi berbagai masalah yang dialaminya. Pelajar yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah adalah pelajar yang sangat hebat dan kreatif. Memecahkan masalah dengan cara sederhana adalah salah satu contoh bentuk sikap kreatifnya. Jangan pula siswa menyerah jika ditimpa sebuah permasalahan. Teruslah berjuang. Evaluasi diri. Tingkatkan kualitas pribadi.

5.    Belajar disiplin dengan mengatur waktu yang baik

Waktu merupakan sesuatu yang mutlak tidak dapat dibeli, tidak dapat mundur dan tidak dapat dimajukan. Oleh sebab itu, pelajar diharapkan mampu memanagemen waktu yang dimilikinya. Mengatur sedemikian rupa agar setiap detik yang dilalui menjadi detik yang bermanfaat. Dengan manajemen waktu yang baik, para siswa mampu memanfaatkan waktu yang dimilikinya dengan kegiatan bermanfaat. Mulailah belajar memanajemen waktu dari sekarang. Manajemen waktu untuk belajar, organisasi, membantu orangtua, atau juga berbisnis semenjak jenjang sekolah.

6.    Melakukan kegiatan pembelajaran dengan kontinu

Belajar dan belajar. Itu adalah hal yang harus selalu dilakukan oleh siswa yang beringinan menjadi siswa aktif , kreatif dan berprestasi. Belajar tidak boleh setengah-setengah. Belajar harus dilakukan secara rutin atau kontinu. Belajar dengan rutin, managemen waktu pun akan tertata dengan baik.

7.    Mampu menerapkan pembelajaran melalui tindakan 

Setelah belajar dengan konsep-konsep teori. Pelajar diharapkan mampu mengaplikasikan melalui tindakan terhadap apa yang dipelajarinya secara teoritis. Menyeimbangkan antara kemampuan teori dan praktek itu adalah hal yang luar biasa bagi seorang pelajar.

8.    Melakukan banyak kegiatan secara berkelompok atau diskusi

Menurut saya, pembelajaran yang bisa menjadikan siswa aktif adalah dengan menggunakan metode kelompok dan diskusi. Dengan melemparkan satu pokok permasalahan, siswa akan dapat aktif dalam berdiskusi dan bertukar pendapat dengan teman-temannya.

9.    Mampu menumbuhkan dan melakukan interaksi sosial

Kebanyakan dari pelajar-pelajar hebat adalah pelajar-pelajar yang kurang bergaul dengan lingkungan sekitar, Mereka hanya sibuk dengan buku-buku. Itu juga merupakan hal yang keliru, pelajar yang hebat itu mampu bergaul dengan masyarakat dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

10.    Mampu menyeimbangkan antara belajar dengan organisasi

Point terakhir yang menurut saya yang bisa menjadikan seorang pelajar yang aktif, kreatif dan inovatif adalah mampu menyeimbangkan antara belajar dengan organisasi. Jangan sampai belajar tertinggal karena organisasi dan jangan sampai organisasi dilupakan karena belajar. Dengan kata lain “Belajar itu nomor satu , tetapi organisasi tidak boleh di nomor duakan”

Sepuluh poin diatas menurut saya jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka pelajar dapat menjadi siswa yang aktif , kreatif dan beprestasi. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Follow Us On :
Ranking
1
2
Lencana
Kongkow