0
78
0
Apa Aja Sih yang Dibutuhkan Ketika Menjadi MABA?
4 weeks 'ago'

Wah, udah mau jadi MaBa aja nih alias Mahasiswa Baru. Pasti udah ga sabar dong gimana suasana kampusnya nanti. Apalagi ga sabar bisa selfieselfie di kampus baru (oke hiraukan ini).

Biasanya, maba akan merasa excited banget dalam masa-masa ini. Akan tetapi, rasa kekhawatiran juga bisa muncul ketika masa registrasi.

Oke, gue bakal ceritain kepada kalian mengenai masa-masa registrasi di USU. Kenapa USU sih? Well, kalian tau sendiri dong kalau gue mahasiswa mana.

Nah, back to the topic. Gue mau ceritain nih apa-apa aja yang bakal kalian butuhkan ketika menjadi mahasiswa baru. Berikut gue jabarkan poin-poinnya.

1. Informasi

Gue bilang ini karena untuk menjadi mahasiswa, kalian harus melakukan yang namanya registrasi di kampus yang kalian tentukan. Kalau sekarang kan lagi masa-masa SBMPTN dan masa-masa registrasi untuk calon mahasiswa yang lulus jalur SNMPTN.

Di sini, kalian ga usah khawatir deh karena dari pihak kampus sendiri akan kasih tau jadwal kapan kalian harus registrasi. Biasanya, kalau di USU sendiri, jadwalnya bakal di-share di websitedan ada juga Instagram @anakusu yang mem-publish info tersebut.

2. Melangkah

Mahasiswa Baru Harus Melangkah

Kenapa gua bilang melangkah? Well, setiap kalian jalan, langkahan itu sangatlah berarti. Kalian ga usah takut tersesat deh pas masa registrasi nanti. Karena banyak banget senior yang bakal ngarahin kalian.

Mereka ramah-ramah kok karena mereka juga pernah seperti kalian hehe. Kalian bisa tanya-tanya sama senior tentang tempat tinggal yang dekat dengan kampus atau tempat tinggal yang murah dan terjangkau. Itu gunanya kalian kenal sama senior.

3. Jangan takut

Setelah kalian registrasi, pasti ada deh embel-embel bakal ngadain ospek atau kegiatan kampus. Jangan takut dan jangan langsung berpikir negatif. Kenapa? Karena ga selamanya hal yang kalian takutkan itu adalah hal yang sangat mengerikan.

Karena mental kalian sudah tersugesti untuk takut maka kalian jadi ikut takut. Tenang aja, justru kegiatan kampus yang bakal senior kalian lakukan adalah hal baik untuk mengenal kalian lebih dekat.

Dengan adanya event atau kegiatan kampus, itu merupakan hadiah dimana kalian bisa kenal dengan alumni, bisa tau karakter dosen, dan tau mata kuliah apa yang sulit banget dan harus di waspadai. Pokoknya, kalian bakalan tau deh informasi seputar jurusan kalian.

4. Teman baru

Mahasiswa Baru Butuh Teman Baru

Nah, dari banyaknya hal, kalian pasti bakal temukan teman baru. Berusahalah menjadi yang terbaik buat teman-teman kalian biar mereka nyaman berteman sama kalian. Bukan nyarik si doi ya haha.

Beda loh sekolah dengan kuliah. Kalau kalian sekolah kan pasti ada istilah memperebutkan nilai atau peringkat di kelas. Tapi, di kuliah, kalian bakal kenal sama yang namanya IP, IPK, dan SKS. Dari IP itu, kalian bisa tau nilai yang kalian peroleh. Bukan peringkat sih tapi nilai yang kalian dapatkan setiap semester.

5. Organisasi

Kalian anak organisasi? Yang dulu waktu SMA dikenal banget di bagian OSIS? Bagus donk kalau kalian aktif berorganisasi.

Tapi kalau kebalikannya, kalian ga usah khawatir. Walaupun gue yakin ada senior kalian yang berkata “Sayang banget ya pas SMA ga pernah ikut organisasi”Well, gue juga termasuk orang yang sebaliknya itu.

Ga ada yang menuntut kita pernah berorganisasi di sekolah. Walau kalian belum punya pengalaman dalam berorganisasi, di organisasi atau istilah kerennya UKM yang bakal kalian masuki, akan mengajarkan kalian sebuah pengalaman. Orang lambat-laun semakin bertambah umur dan pemikiran semakin dewasa ketika banyak mendapat pengalaman.

Kalau kalian merasa tidak nyaman dengan organisasi, kalian bisa keluar dari organisasi itu. Keputusan merupakan hal penting dalam hidup, bukan?

Biasanya ketika jadi maba, kalian bakal disibukkan dengan praktikum, kuliah, tugas kelompok, organisasi, dan rapat. Banyak deh, sampai harus ngorbanin waktu untuk itu. Tapi gue yakin kok, kalian bisa me-manajemen waktu kalian dengan baik.

 

Well, sekian dulu tulisan dari gue. Kalau kalian mau diskusi sama gue, gue orangnya welcomekok. Kalian bisa kunjungi blog gue di sini dan bisa tanya-tanya di sana seputar dunia kampus atau seputar UKM. Seputar masalah kehidupan juga boleh haha.

Follow Us On :
Lencana
Kongkow