Tonjolan-tonjolan berbentuk jari yang terdapat pada permukaan sel epitel dinamakan

Oleh : Nurul Marta - 19 August 2022 11:07 WIB

Tonjolan-tonjolan berbentuk jari yang terdapat pada permukaan sel epitel dinamakan Mikrovili.

Pembahasan

Mikrovili adalah tonjolan sitoplasma berbentuk silindris yang terdapat pada permukaan bebas sel epitel. Sel epitel dapat memiliki hingga 1.000 mikrofilli

Mikrovili selain sangat banyak dijumpai pada sel-sel penyerap seperti epitel usus halus dan tubuli proksimalis ginjal, juga ditemukan pada sel-sel lain yang mempunyai daya serap, seperti pada daerah mesotel pleura dan peritoneum meskipun jumlahnya relative sedikit.

Mikrovili berperan secara efektif meningkatkan luas permukaan sel dan menawarkan sedikit resistensi terhadap difusi. Selain itu Mikrovili juga meningkatkan permukaan penyerapan atau sekresi (pertukaran) dengan lingkungan terdekatnya

Misalnya, dalam usus mereka membantu menyerap lebih banyak nutrisi dan meningkatkan kuantitas dan kualitas enzim yang memproses karbohidrat.

Mikrovili dalam sel epitel diklasifikasikan sebagai:

1. Lembar Lurik. Seperti namanya, mereka bergalur di tepi. Mikrovili ini ditemukan di epitel usus kecil dan kantong empedu.

2. Orla en Cepillo. Mikrovili ini ada dalam epitel yang menutupi tubulus ginjal, memiliki penampilan yang tidak teratur meskipun komposisinya mirip dengan plat lurik.

3. Stereocilios. Terlihat seperti sekelompok Mikrovili panjang dengan sumbu aktin dan basis luas sementara mereka tipis di ujungnya.

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :