Lumba-lumba berkembang biak dengan cara

Oleh : Nurul Marta - 09 August 2022 12:00 WIB

Lumba-lumba berkembang biak dengan cara melahirkan atau vivipar.

Pembahasan

Lumba-lumba adalah hewan mamalia yang hidup di laut bersama dengan paus, hiu, dan pesut, lumba-lumba masuk ke dalam golongan ordo cetacea. Karena termasuk mamalia, lumba-lumba juga tidak bernapas menggunakan insang tapi menggunakan paru-paru dan memiliki kelenjar susu sehingga bisa menyusui anaknya. 

Lumba-lumba berkembang biak dengan cara melahirkan atau vivipar tentunya. Induk lumba-lumba mengalami pembuahan internal, kemudian mengandung anaknya hingga waktu melahirkan tiba. 

Usia lumba-lumba saat mencapai kematangan seksual dapat bervariasi, bergantung pada lokasi dan jenis kelaminnya. Dilansir dari Seaworld, di perairan Florida, rata-rata betina dewasa lumba-lumba mencapai kematangan seksual di usia sekitar 5 hingga 13 tahun. Sementara itu, lumba-lumba jantan mencapai kematangan seksual di usia sekitar 10 hingga 13 tahun. 

Lumba-lumba, khususnya lumba-lumba hidung botol, dapat berkembang biak sepanjang tahun. Kehamilan lumba-lumba berlangsung sekitar 12 bulan dan biasanya setiap kelahiran berjarak setidaknya tiga tahun.

Saat proses melahirkan, lumba-lumba betina akan berpindah ke perairan dangkal karena mereka ingin memastikan bahwa darah yang keluar dari proses melahirkan nantinya tidak menarik perhatian para predator laut. 

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :