Macam-macam Fungsi Dari Vitamin dan Mineral

Oleh : UAO - 30 March 2021 15:00 WIB

Pernahkah kalian merasakan tubuh lelah meskipun sudah berolahraga dan istirahat yang cukup? Jika pernah mungkin kalian sedang kekurangan asupan vitamin dan mineral.

Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain olahraga secara teratur, tubuh manusia juga memerlukan asupan vitamin dan mineral. Kedua nutrisi tersebut diperlukan untuk menunjang berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh.

Vitain dan mineral sangat diperlukan untuk membantu proses pertumbuhan metabolisme tubuh. Adapun kebutuhan mineral setiap orang berbeda-beda, tergantung dengan kebutuhan fisik, umur, dan faktor kesehatan lainnya.

Pada umumnya, zat vitamin terbagi menjadi 6 jenis yakni vitamin A,B, C, D, E, dan K. Secara tidak langsung, vitamin merupakan zat yang berperan langsung sebagai pengatur berbagai nutrisi yang telah dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh. Vitamin berperan dalam pengaturan fungsi-fungsi tubuh, pertumbuhan, dan sebagai koenzim pada proses metabolisme.

Seperti yang sudah diketahui, mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme. Mineral memiliki fungsi diantaranya untuk membangun sel, melaksanakan reaksi kimia didalam sel, mengirim implus pada sel saraf, dan pertukaran gas. Salah satu mineral yang berperan penting untuk membentuk enzim dan sel adalah fosfor. Mineral ini berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan mengoptimalkan metabolisme tubuh.

 

Beberapa jenis makanan yang kaya vitamin dan mineral antara lain Susu, Kacang- kacangan, Cabai, Brokoli, dan Ikan laut

 

Nahh otakers, itulah beberapa macam Fungsi Dari Vitamin dan Mineral yah, semoga artikel kali ini bermanfaat.

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :