Produk Hasil Fermentasi Susu Murni

Oleh : UAO - 09 February 2021 13:00 WIB

Susu menjadi minuman yang bernutrisi hebat. Dengan fermentasi, susu bisa berubah bentuk menjadi 4 produk iyang kaya akan manfaat kesehatan. Dengan bantuan bakteri, susu akan terfermentasi menjadi produk baru. Walaupun begitu, produk baru ini tetap mengandung tinggi protein hingga kalsium.

1. Yoghurt

Yoghurt merupakan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Susu yang hendak dibuat menjadi yoghurt bisa menggunakan susu apa saja, tidak hanya sapi tapi juga kambing.

Yoghurt dihasilkan dari fermentasi gula susu (laktosa) yang nantinya akan menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu sehingga menghasilkan tekstur yang kental dengan aroma unik pada yoghurt. Produk hasil fermentasi susu ini biasanya ditambahkan dengan berbagai rasa buah sehingga lebih nikmat.

Berapa lama waktu fermentasi yoghurt?

Sebagai syarat hidup bakteri fermentasi selama 20 24 jam. Sesudah 24 jam akan muncul lapisan berwarna kekuningan kental di atas permukaan susu. Apabila masih kurang kental atau kurang asam bisa didiamkan lagi lebih lama. Apabila Anda merasa sudah pas, aduk menggunakan alat steril sampai tercampur rata.

2. Keju

Membicarakan makanan fermentasi tak bisa melewatkan keju. Rasa asin enak keju berasal dari proses fermentasi. Proses ini sekaligus mengubah laktosa menjadi asam laktat sehingga penderita laktosa intoleran aman mengonsumsi keju.

Keju mengandung kalsium yang tinggi dan baik untuk kesehatan tulang. Keju sering ditambahkan ke dalam makanan seperti pizza, roti hingga sajian lainnya.

3. Kefir

Minuman fermentasi khas Kaukasus, Eropa Timur ini memang sangat menyegarkan. Proses fermentasi kefir dibuat menggunakan biji kefir yang mengandung bakteri Streptococci dan Lactobacilli atau Streptococcus sp dan Lactobacilli.

Dalam proses pembuatannya, susu segar dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 85-90 derajat celcius, kemudian dimasukkan dalam wadah gelas dan didiamkan sampai mencapai suhu kamar (25-28 derajat celcius). Setelah itu, bibit kefir dimasukkan dalam susu. Proses ini dibiarkan semalaman sekitar 20 hingga 24 jam. Pembuatan susu menjadi kefir ini bertujuan untuk mengawetkan susu agar tidak cepat basi.

Dengan beragam kandungan nutrisi tersebut, susu kefir dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya :

- Mencegah infeksi

- Meningkatkan kesehatan tulang

- Mampu mengatasi masalah pencernaan

- Aman untuk penderita intoleransi laktosa

- Mengandung lebih banyak prebiotik dibanding yogurt

- Mengurangi risiko kanker

4. Greek Yoghurt

Greek yoghurt yang populer di kalangan pengikut gaya hidup sehat ini merupakan yogurt yang rendah whey (dadih), gula dan karbohidrat. Yogurt ini mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk pencernaan dan cegah Anda makan secara berlebihan.

Tahapan awal pembuatan greek yogurt sama saja dengan yogurt biasa. Namun, setelah jadi, yogurt disaring agar whey-nya (cairan) terbuang sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kental.

Akan tetapi, dengan diproses secara modern protein yang terkandung di dalamnya dapat berkurang. Sehingga sebelum membeli sebaiknya cek kandungan proteinnya.

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :