4 Langkah Awal Berbisnis Online Shop Untuk Pemula

Oleh : birulaut - 01 February 2021 06:31 WIB
src="https://www.sitebeat.com/wp-content/uploads/2018/10/business-starter-2-800x446.png" align="center">

Di jaman yang serba melek teknologi, berbisnis secara online tentunya bukan menjadi hal yang baru. Ketika memulainya, mungkin akan terasa susah namun hal tersebut bukan berarti tidak mungkin. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan mulai dari menentukan target pasar hingga cara membuat website yang menarik pengunjung.

Berikut Langkah untuk Membangun Bisnis Online Bagi Pemula



1. Menentukan Target Pasar dan Riset Pasar
Hal pertama yang kamu lakukan di dalam membuat bisnis online adalah menentukan target pasar. Kamu bisa menganalisis kompetitor dan meriset pasar sehingga nantinya bisa menentukan target yang sesuai dan diinginkan. Menurut pengertiannya, target pasar sendiri merupakan kelompok konsumen yang memiliki karakteristik sama dan kemungkinan untuk membeli produkmu.

Di dalam produk pastinya akan memiliki target pasarnya masing masing. Sebab, meskipun memiliki produk yang sama, namun harga dan kualitas yang diberikan akan mempunyai target pasar yang berbeda. Kamu bisa mengklasifikasikan bahwa nantinya produk kamu menyasar kalangan high class atau kelas menengah ke bawah.

2. Mencari Model Bisnis yang Sesuai
Sebelum mengetahui cara membuat website, maka kamu perlu untuk mencari model bisnis yang sesuai terlebih dahulu. Disini, kamu bisa memilih jenis model bisnis yang dirasa paling menguntungkan. Hal ini dikarenakan setiap produk akan memiliki cara penjualan yang berbeda beda.

Misalnya saja ketika kamu memiliki modal yang berlebih, maka kamu bisa menyetok produk tersebut dan menjualnya melalui website toko online yang dimiliki. Namun, apabila kamu tidak memiliki modal yang banyak maka hal tersebut juga bukan menjadi halangan. Pasalnya, kamu tetap bisa untuk menjadi dropshipper.
Hal yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan kerja sama dengan supplier. Kemudian, kamu bisa melakukan penjualan dengan sistem dropship. Kamu pun tetap bisa untuk memposting gambar produk di website toko onlinemu. Sehingga, dengan cara ini tentunya tak akan menjadi hal yang perlu dikhawatirkan mengenai stok produk.

3. Produk yang Bisa Dijual Secara Online
Ketika kamu akan mencari tahu cara membuat website, maka pastinya kamu tahu terlebih dahulu tentang produk yang nantinya akan kamu jual secara online. Setelah melakukan riset pasar dan menentukan target, maka hal ini akan membuat kamu lebih mudah untuk menentukan produk apa yang akan dijual.
Dalam berbisnis secara online, umumnya terdapat beberapa contoh jenis produk yang bisa dijual. Diantaranya adalah produk fisik atau digital seperti oleh oleh, furniture, gadget, ebook hingga software. Sedangkan ada pula produk yang dijual dalam bentuk jasa. Sebut saja seperti layanan online marketing, pengiriman barang, hingga pemesanan tiket dan juga booking hotel.

4. Mulailah Membuat Website
Jika kamu membuat bisnis online, tentu saja hal utama yang perlu dilakukan adalah membuat website. Sebab, ketika kamu berjualan secara offline tentu saja kamu akan membutuhkan toko. Dengan begitu, ketika berjualan secara online, maka website atau situs dapat dikatakan sebagai toko yang kamu miliki.

Cara membuat website sekarang juga tak perlu ribet. Kamu bisa menggunakan paket dan layanan yang ditawarkan oleh Sitebeat. Pasalnya, ketika menggunakan layanan di Sitebeat kamu akan diberikan banyak kemudahan. Bahkan bagi pemula pun, kamu bisa memilih paket SitebeatPro. Disini, tim profesional dari Sitebeat akan membantu untuk mengelola website toko onlinemu.

Untuk itu, memulai bisnis online sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Ditambah lagi peluang bisnis satu ini cukup menggiurkan. Karena banyak orang dari luar kota bahkan hingga luar negeri akan bisa mengetahui produk yang anda miliki dengan adanya website ini. Oleh karena itu, ketika ingin terjun ke dunia bisnis online, website merupakan hal yang penting.

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :