Expressing Anger: Ekspresi Kemarahan

Oleh : Sandrina M.Drone - 17 July 2020 22:36 WIB

Memang kata angry merupakan salah satu kata yang bisa digunakan untuk mengekspresikan kemarahan dalam Bahasa Inggris. Tapi sebenarnya bukan hanya kata angry saja, melainkan ada istilah-istilah lain yang bisa digunakan.
1. Mad
Kata yang cukup sering digunakan untuk mengekspresikan kemarahan selain angry adalah mad. Artinya pun sama, yaitu marah, namun dengan tingkatan yang sedikit lebih tinggi daripada angry. Kata mad juga lebih sering digunakan dalam penggunaan informal dan percakapan sehari-hari.
Berikut contoh penggunaan kata mad dalam Bahasa Inggris:
• He’s breaking his promise again and it’s make me so mad (Dia melanggar janjinya lagi dan itu membuatku sangat marah)
• Don’t bother me, I’m so mad right now after stuck in traffic for three hours (Jangan ganggu aku, aku sangat marah sekarang setelah terjebak macet tiga jam)

2. Furious

Jika kata mad masih mirip dengan angry, kata furious memiliki dua tingkat lebih tinggi. Kata furious dapat diartikan dengan extremely angry atau sangat amat marah. Kata furious ini digunakan saat seseorang benar-benar marah akan sesuatu hal atau kepada seseorang sampai ingin meledak.
Penggunaan kata furious dapat dilihat pada contoh berikut:
• His mother is furious with him because he’s failing a grade for the second time (Ibunya sangat amat marah padanya karena dia tidak naik kelas untuk kedua kalinya)
• The customer is getting furious at the staff because they kept him waiting for hours without clarity (Pelanggan itu amat marah pada staf karena mereka membiarkannya menunggu berjam-jam tanpa kejelasan)

3. Steam coming out (one’s) ears
Secara harfiah, istilah steam coming out (one’s) ears memiliki arti “Ada asap keluar dari kedua telinganya”. Kamu mungkin sering melihat hal seperti ini di film-film, terutama film kartun dan animasi. Dimana saat tokoh merasa marah maka akan keluar asap dari kedua telinganya.
Istilah ini bisa dimaknai seperti itu, yang digunakan untuk mengekspresikan kemarahan seseorang. Berikut contoh penggunaan istilah ini dalam kalimat Bahasa Inggris:
• It was like steam coming out from her ears after heard that bad news (Dia sangat marah, seolah-olah ada asap keluar dari telinganya, setelah mendengar berita buruk itu)
• Don’t bother him right now, there’s steam coming out from his ears because of that financial problem (Jangan ganggu dia sekarang, dia sedang marah sekali karena masalah keuangan itu)

4. Lose temper

Kata temper dapat diartikan sebagai kesabaran atau kontrol dari kemarahan seseorang. Jadi istilah lose temper digunakan saat seseorang kehilangan kontrol diri atas kemarahannya, atau kehilangan kesabaran. Karena itu istilah lose temper ini dapat digunakan untuk mengungkapkan kemarahan.
Berikut contoh penggunaan istilah lose temper dalam kalimat Bahasa Inggris:
• After holding back for many years with my neighbour’s nasty behavior, finally my mother lost her temper yesterday (Setelah menahan diri bertahun-tahun dengan kelakuan buruk tetanggaku, akhirnya ibuku kehilangan kesabaran juga kemarin)
• It was already the fifth time he was late coming to work without explanation, so the boss lost his temper and yelled at him (Ini sudah kelima kalinya dia datang terlambat kerja tanpa penjelasan, jadi atasannya kehilangan kesabaran dan meneriakinya)

5. Upset

Jika dibandingkan dengan istilah lain yang mengekspresikan kemarahan, kata upset berada di tingkatan yang lebih rendah. Kata upset dapat berarti perasaan kesal atau terganggu karena seseorang atau sesuatu. Bisa diartikan juga kalau istilah upset adalah perasaan hampir marah.
Untuk lebih jelasnya, penggunaan istilah upset dapat dilihat dalam contoh berikut:
• I’m really upset because you never hear my advice and do the same mistakes again (Aku benar-benar kesal karena kamu nggak pernah dengarkan nasihatku dan melakukan kesalahan yang sama lagi)
• I don’t understand why my mother was so upset when I didn’t hang my towel after bath (Aku nggak ngerti kenapa ibuku kesal banget kalau aku nggak menjemur handukku setelah mandi)

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :