Sinergitas Polisi dan Mahasiswa di Gresik Lewat Program Nasi Krawu

Oleh : UAO - 01 October 2019 03:00 WIB

Dua mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Immawan Randi dan M Yusuf menunggal saat aksi unjuk rasa di Kendari, Sulawesi Tenggara. Mengantisipasi hal itu tak terulang, Polres Gresik menggelar dialog dan silaturahmi dengan para mahasiswa.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengatakan acara dialog dan silaturahmi dengan mahasiswa itu juga sebagai ajang perkenalannya. Sebab, ia tercatat baru tiga hari ini menjabat. Ia berharap dari silaturahmi itu mahasiswa nantinya bisa turut berkontribusi menjaga kondusifitas di Gresik.

"Saya memperkenalkan diri kemudian saya ingin bersinergi dengan mahasiswa dan ingin bermanfaat buat Gresik. Saya harap dari mahasiswa juga berkontribusi menjaga kondusifitas Gresik," kata Kusworo kepada detikcom, Minggu (29/9/2019).

"Saya mulai aktif hari Jumat, berarti ini hari ketiga. Jumat siang langsung kita salat gaib, sabtu malam saya langsung cangkruk dengan mahasiswa," tambahnya.

Bahkan, lanjut Kusworo, ia sudah menyiapkan program sinergitas sebagai wadah dialog antara polisi dan mahasiwa untuk menjaga Gresik tetap kondusif. Program itu ia namakan 'Nasi Krawu' yang merupakan akronim dari 'Nyangkruk Bareng Polisi untuk Kerukunan Semua'.

"Saya kemarin bertugas sebagai Kapolres Jember. Di sana itu khasnya cerutu jadi kita menamakan program cangkrukan bercerutu. Jadi ketika ada permasalahan-permasalahan saya melibatkan dengan mahasiswa juga dengan berdiskusi," kenang Kusworo.

"Nah, di Gresik karena khasnya adalah nasi krawu maka program kita adalah Nasi Krawu itu Nyangruk Bareng Polisi untuk Kerukunan Kita Semua," lanjutnya.

Dalam silaturahmi itu, Kusworo juga meminta kepada para mahasiswa jika ada agenda atau seminar untuk tidak sungkan-sungkan memberitahukannya. Sebab, ia siap sedia membantunya.

"Saya minta kalau ada agenda-agenda mahasiswa apa saya bisa bantu yang penting kita jaga kondusifitas di Gresik. Kemarin kita sudah laksanakan salat gaib bersama dengan mahasiswa IMM, ada HMI ada PMII. Intinya saya ingin menciptakan kondisi Gresik kondusif," imbaunya. 

"Bahkan lebih daripada itu kita ingin bersinergi dengan lebih bermanfaat untuk Gresik antara mahasiswa dengan polisi barangkali kita mengadakan seminar-seminar juga." tambah Kusworo.

Dikatakan Kusworo, dialog dan silaturahmi serta gagasannya mendapat sambutan positif dari mahasiwa. Mereka bahkan mengaku bersedia akan proaktif bersama polisi menjaga Gresik yang kondusif. 

"Sambutannya alhamdulillah. Tanggapan mereka positif. Mereka proaktif dan mau bersama-sama menyambutnya,"pungkas Kusworo.

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :