Home » Materi » Tahukah Kamu » 5 Fakta Menarik Tentang Kebab

5 Fakta Menarik Tentang Kebab

- Selasa, 25 Januari 2022 | 08:00 WIB
5 Fakta Menarik Tentang Kebab

Sebagai salah satu kuliner asal Timur Tengah, kebab merupakan makanan yang sangat populer tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. namun tahukah kamu bahwa kebab ternyata menyimpan lima fakta menarik yang belum diketahui banyak orang, seperti dalam tulisan berikut ini.

1. Kuliner prasejarah

Siapa sangka kebab yang sekarang Anda nikmati ternyata merupakan kuliner yang sudah ada sejak zaman prasejarah. Hal ini terungkap dari hasil penggalian arkeologi di Santorini, Yunani yang menemukan alat panggang batu untuk memasak kebab berasal dari abad ke-17 Sebelum Masehi.

2. Istilah kebab dari bahasa Persia

Tahukah Anda bahwa nama kebab ternyata berasal dari bahasa Persia yakni “kabab” yang berarti “digoreng”. Kata itu pertama kali ditemukan dalam naskah kuno berbahasa Turki karya Kyssa-i Yusuf pada tahun 1377.

3. Banyak variannya

Kuliner kebab yang Anda kenal merupakan salah satu varian dari beragam varian memasak kebab. Kebab tidak hanya disajikan dalam gulungan roti berisi daging dan sayuran, namun juga di sejumlah negara kebab dihidangkan dalam bentuk sate dengan nasi basmati atau tiga tusuk sate berisi daging, sayuran dan paprika yang dikenal sebagai varian bernama shish-kebab.

4. Sempat dilarang

Fakta menarik lainnya dari kebab adalah kuliner khas Timur Tengah ini ternyata sempat dilarang di beberapa negara Eropa. Di Kota Beziers, Prancis kebab dilarang karena dikhawatirkan dapat memengaruhi kebudayaan kuliner Perancis.

5. Opsi cara penyajiannya

Menikmati kebab pada umumnya dengan cara daging, sayuran dan bawang yang digulung dengan roti Arab. Namun tahukah Anda bahwa di Timur Tengah, saat akan membeli kebab penjualnya akan menawarkan dua cara penyajian makanan ini kepada Anda yakni dengan menaruh semua daging, sayuran dan bawang di atas roti bundar dalam sebuah piring atau disajikan dengan cara sandwich seperti yang umumnya Anda temui.

Cari Artikel Lainnya