Home » Materi » Biologi » Persebaran Hutan Musim dan Ciri-cirinya

Persebaran Hutan Musim dan Ciri-cirinya

- Jumat, 02 September 2022 | 15:12 WIB
Persebaran Hutan Musim dan Ciri-cirinya

Hutan musim merupakan salah satu jenis hutan berdasarkan iklim sama seperti hutan hujan tropis (tropical rain forest), hutan sabana, dan hutan bakau (mangrove).

Hutan musim adalah hutan yang terdapat di wilayah dengan musim kemarau yang cukup lama. Hutan musim tumbuhannya cenderung bersifat homogen (sejenis). Hutan musim di Indonesia biasanya banyak dimanfaatkan untuk kepentingan produksi.

Persebaran hutan musim banyak terdapat di pulau Jawa yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur serta daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Contoh tumbuhan hutan musim diantaranya pohon ketapang, sengon, dan jati, bunga anggrek putih, sagu, kemiri, cendana, kayu putih, dan lain-lain.

Baca Juga:

Jenis-jenis Hutan di Indonesia Beserta Ciri-cirinya

Ciri Khas Hutan Musim di Indonesia

  • Jenis vegetasinya sedikit, umumnya terdiri dari satu atau dua saja atau homogen.
  • Pohon-pohonnya memiliki jarak yang tidak terlalu rapat, dan tidak terlalu tinggi hanya 12-35 meter. Ketinggian pohonnya lebih rendah daripada hutan hujan tropis
  • Pada musim penghujan, hutan musim akan tampak sangat menghijau, dengan daun-daunnya yang lebat.Namun sebaliknya saat musim kemarau, daunnya akan gugur (meranggas) untuk mengurangi terjadinya penguapan.
  • Pada bagian dasar hutan, semak-semak masih bisa untuk tumbuh.
  • Hutan musim memiliki nama - nama hutan yang diambil berdasarkan jenis pohon yang tumbuh mendominasi di dalamnya. Misalnya jika yang tumbuh mendominasi dalam hutan musim adalah pohon jati, maka hutan musim tersebut bernama hutan jati.
Sumber :
Cari Artikel Lainnya