Home » Materi » Kimia » Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

- Selasa, 02 November 2021 | 11:59 WIB
Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

Kelarutan adalah jumlah maksimum zat terlarut (dalam gram atau mol) yang dapat larut dalam pelarut tertentu pada suhu tertentu. Besarnya kelarutan dapat dinyatakan dalam g/L atau mol/L atau mol.L–1. Jadi, kelarutan sama dengan molaritas (M).

Tetapan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

Ketika garam yang sukar larut seperti perak klorida (AgCl) dilarutkan dalam air, maka pada kondisi tepat jenuh akan diperoleh kesetimbangan antara proses pelaruran dan pembentukan endapan, dengan reaksi kesetimbangan sebagai berikut.

Berdasarkan persamaan tersebut diperoleh persamaan kesetimbangan Ksp = [Ag+][Cl], dimana “sp” bermakna “solubility product” atau produk kelarutan.

Hasil Kali Kelarutan adalah hasil kali konsentrasi ion-ion dari larutan jenuh garam yang sukar larut dalam air, setelah masing-masing konsentrasi dipangkatkan dengan koefisien menurut persamaan ionisasinya.

Hubungan Kelarutan (s) dengan Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

Kelarutan (s) garam dalam air berbeda dengan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp). Kelarutan padatan dinyatakan sebagai konsentrasi padatan terlarut dalam larutan jenuh, sehingga besarnya konsentrasi padatan yang dapat larut tersebut berkaitan dengan nilai Ksp. 

Secara umum hubungan antara kelarutan (s) dengan tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) untuk larutan elektrolit AxBy dapat dinyatakan sebagai berikut.

Ksp = [Ay+]x [Bx–]y

Ksp = (xs)x (ys)y

Ksp = xx yy s(x+y)

Contoh Soal mencari Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

1. Kelarutan Mg(OH)2 dalam air adalah 2 x 10-4 mol/L, maka Ksp Mg(OH)adalah . . . 

Pembahasan:

Untuk memperkirakan apakah garam baru yang terbentuk akan mengendap atau tidak, dapat ditentukan dengan membandingkan quotient reaksi (Q) dengan Ksp garam tersebut. Quotient reaksi (Q) adalah hasil kali konsentrasi ion-ion garam terlarut dipangkatkan koefisien

Q < Ksp = larutan belum jenuh; garam larut
Q = Ksp = larutan tepat jenuh; garam belum mengendap
Q > Ksp = larutan lewat jenuh; garam mengenda

Contoh soal mencari Hasil Kali Kelarutan (Ksp)

Tetapan hasil kali kelarutan Fe(OH)2 sebesar 2x10-14. Berapakah kelarutan Fe (OH) 2 dalam larutan yang mempunyai pH = 12 + log 2 ...

Pembahasan: 

Ksp = Fe(OH)2 sebesar 2x10-14
PH = 12 + log 2
POH = 14 - (12 + log 2) = 2 - Log 2
pOH = 2.10-2

Fe(OH)2 (s)  <----> Fe 2+(aq) + 2 OH -(aq)

Ksp = [Fe 2+][OH -]2

2x10-14 = S . [2.10-2]2

2x10-14 = S . [4.10-4]

S = [2x10-14 ] / [4.10-4]

S = 0,5 .10-10

S = 5 .10-11 M

Sumber :
Cari Artikel Lainnya