Home » Materi » Matematika » Simetri Lipat Bangun Datar

Simetri Lipat Bangun Datar

- Rabu, 09 Juni 2021 | 14:35 WIB
Simetri Lipat Bangun Datar

Selain memiliki simetri putar, salah sat sifat Bangun Datar lainnya yaitu memiliki Simetri Lipat. Setiap bangun datar tersebut memiliki simetri lipat yang berbeda satu sama lain yang pada dasarnya dapat kita identifikasi dengan menggunakan pemikiran atau logika semata.

Setelah sebelumnya kita mempelajari materi Simetri Putar Bangun Datar, selanjutnya kita akan belajar Simetri Lipat Bangun Datar ya. Apa itu Simetri Lipat?

Simetri lipat pada bangun datar dapat diartikan sebagai jumlah lipatan yang ada pada bangun datar yang dapat membagi bangun datar itu hingga setengah bagiannya menutupi setengah bagian bangun datar yang lainnya. Singkatnya ada garis yang mampu membagi bangun datar menjadi dua buah dan kongruen yang disebut sebagai sumbu simetri.

Jumlah sumbu simetri lipat bangun datar akan selalu sama dengan jumlah simetri lipatnya. Tapi, tidak semua jenis bangun datar memiliki sumbu simetri lho otakers, karena ada beberapa bangun datar yang tidak memiliki sumbu simetri bahkan memiliki sumbu simetri yang tidak terbatas. 

Berikut jumlah Simetri Lipat pada bangun datar

- Persegi memiliki 4 simetri lipat.

- Persegi panjang memiliki 2 simetri lipat.

- Segitiga sama sisi memiliki 3 simetri lipat.

- Segitiga sama kaki memiliki 1 simetri lipat.

- Segitiga siku siku sama kaki memiliki 1 simetri lipat.

- Segitiga siku-siku bukan sama kaki tidak memiliki simetri lipat.

- Segitiga sembarang tidak memiliki simetri lipat.

- Jajar genjang tidak memiliki simetri lipat.

- Lingkaran memiliki simetri lipat tidak terhingga.

- Trapesium sama kaki memiliki 1 simetri lipat.

- Trapesium siku-siku tidak memiliki simetri lipat.

- Trapesium sembarang tidak memiliki simetri lipat.

- Layang layang memiliki 1 simetri lipat.

- Belah ketupat memiliki 2 simetri lipat.

Bagaimana Cara Menghitung Simetri Lipat ?

Oke otakers, sebelumnya kita tentukan dulu ya bangun datar apa yang akan kita jadikan contoh, misalnya segitiga Sama Kaki. Segitiga sama kaki adalah salah satu bangun datar yang memiliki sumbu simetri dan simetri lipat. Segitiga ini disebut segitiga sama kaki karena memiliki besar sudut yang sama diantara kedua kakinya sehingga dua sisinya juga memiliki panjang yang sama.

Nah, karena panjang kedua sisi segitiga ini sama, maka cara menghitung simetri lipat pada segitiga sama kaki cukup mudah.

Pertama, kita beri tanda pada setiap sudut. Dimulai dari sisi bawah sebelah kiri sebagai sudut A, kemudian sisi lainnya sudut B, dan sudut puncak yaitu sudut C.

Untuk menghitung simetri lipat pada segitiga sama kaki, maka bagi sisi bawah segitiga menjadi dua dan temukan titik tengahnya. Misalnya, panjang sisi A ke B adalah 20 cm, maka titik tengahnya adalah10 cm.

Setelah itu, tarik garis dari tengah AB ke atas, menuju titik puncak C, sehingga titik C menjadi sumbu simetri. Nah, garis dari titik tengah bentangan AB ke titik puncak C menjadi panduan untuk simetri lipat.

Dari titik yang sudah kita buat, maka diketahui ada satu sumbu simetri pada segitiga sama kaki. Karena hanya memiliki satu sumbu simetri, berarti segitiga sama kaki hanya memiliki satu simerti lipat saja.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel di bawah ini:

Banyaknya Sumetri Lipat Bangun Datar

tabel lengkap <a href=simetri putar bangun datar" src="https://rumushitung.com/wp-content/uploads/2017/05/SIMETRI_PUTAR_html_906ca805.png" />

Nahh otakers, itulah penjelasan mengenai Simetri Lipat Bangun Datar beserta contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat yah, terimakasih sudah mengunjungi website utakatikotak.com

Sumber :
Cari Artikel Lainnya