Home » Materi » Biologi » Apa perbedaan antara kromosom diploid dengan kromosom haploid?

Apa perbedaan antara kromosom diploid dengan kromosom haploid?

- Rabu, 26 Januari 2022 | 14:00 WIB
Apa perbedaan antara kromosom diploid dengan kromosom haploid?

Kromosom adalah struktur heliks ganda yang menampung DNA dan protein dalam sel. Ini adalah untaian DNA yang mengandung gen yang ditemukan pada organisme hidup. Ini juga mengandung protein, yang membantu mengemas DNA dan mengendalikan fungsinya. Kromosom homolog adalah sepasang kromosom dengan panjang, posisi sentromer, dan pola pewarnaan yang sama dengan gen untuk karakteristik yang sama pada lokus (lokasi) yang sesuai.

Apa yang dimaksud dengan kromosom haploid?

Kromosom haploid merupakan kromosom yang mengandung satu set kromosom atau mengandung setengah jumlah kromosom dalam sel. 

Sel haploid sangat penting untuk reproduksi setsual. Selama fertilisasi, dua inti dari dua gamet menyatu dengan satu sama lain. Karena setiap gamet hanya memiliki satu set kromosom, akhir yang dihasilkan zigot akan hanya memiliki dua set kromosom. Itulah menjadi zigot diploid. Jika gamet bukan sel haploid, hasil akhir akan menjadi zigot dengan empat set kromosom.

Apa yang dimaksud dengan kromosim diploid?

Kromosom diploid adalah kromosom yang mengandung dua set kromosom yaitu satu kromosom sebagai ibu sementara yang lainnya adalah ayah. 

Sel diploid memainkan peran yang sangat penting dalam stabilitas genetik organisme diploid. Terutama, sel-sel anak ini secara genetik identik dengan sel induk. Selain itu, mereka membawa jumlah kromosom yang sama dengan sel induk. Ini adalah cara bagaimana mereka memastikan stabilitas genetik populasi selama pewarisan.

Pertumbuhan tubuh terjadi karena peningkatan terus menerus dalam jumlah sel diploid. Dengan demikian, ini adalah dasar pertumbuhan semua organisme multiseluler. Lebih lanjut, sel-sel terus menerus mati, dan mereka perlu diganti. Dan, itu bisa dilakukan hanya dengan sel diploid. Juga, beberapa hewan meregenerasi bagian tubuh mereka. Itu juga dimungkinkan hanya dengan pembentukan banyak sel diploid.

Bagaimana persamaan kromosom Haploid dan diploid?

Haploid dan diploid adalah dua keadaan yang menggambarkan jumlah kromosom dalam sel. Pembentukan sel-sel haploid dan diploid terjadi melalui pembelahan sel. Selain itu juga kedua jenis sel ini penting bagi organisme untuk kelangsungan hidup dan keberadaannya.

Apa perbedaan sel haploid dan sel diploid berikan contoh?

Sel Haploid

- Sel haploid memiliki setengah jumlah kromosom (n) sebagai diploid - yaitu sel haploid hanya berisi satu set lengkap dari kromosom. Sedangkan Sel Diploid mengandung dua set lengkap (2n) dari kromosom.

- Sel haploid adalah hasil dari proses meiosis, suatu tipe pembelahan sel dimana sel diploid membelah untuk menghasilkan sel bibit haploid. Sel haploid akan bergabung dengan sel haploid lainnya saat pembuahan.Sel Diploid bereproduksi dengan cara mitosis membuat sel-sel yang merupakan tiruan yang sama persis. 

- Sel-sel haploid hanya memiliki setengah dari jumlah kromosom sebagai sel induk sedangkan Sel diploid memiliki jumlah kromosom yang sama dengan sel induk.

- Contoh Sel Haploid adalah Sel yang digunakan dalam reproduksi seksual, sperma dan ovum (juga dikenal sebagai gamet). Sedangkan Contoh sel Diploid yaitu kulit, darah, sel otot (juga dikenal sebagai sel somatik) 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya