Home » Materi » Tahukah Kamu » Keberadaan 5 Organel Ini Bedakan Sel Hewan & Tumbuhan

Keberadaan 5 Organel Ini Bedakan Sel Hewan & Tumbuhan

- Senin, 24 Januari 2022 | 08:00 WIB
Keberadaan 5 Organel Ini Bedakan Sel Hewan & Tumbuhan

Meski banyak kesamaan, ternyata kedua jenis sel ini berbeda!

Sel-sel hewan dan tumbuhan memiliki kesamaan karena keduanya merupakan sel eukariotik. Kedua jenis sel ini juga melakukan proses reproduksi yang serupa yaitu secara mitosis dan meiosis. Selain dua hal di atas, kedua sel ini juga mengandung struktur sel bernama organel yang berperan khusus untuk melakukan fungsi tertentu. Di antara banyaknya kesamaan yang dimilikinya, ada beberapa organel sel yang hanya dimiliki hewan maupun tumbuhan saja. Penasaran organel apa saja yang dimaksud? Mari simak informasinya pada ulasan di bawah ini. 

1. Dinding Sel

Keberadaan 5 Organel Ini Bedakan Sel Hewan & Tumbuhan
thoughtco.com

Bagian dalam sel hewan hanya dilindungi oleh sebuah organel bernama membran sel. Berbeda sedikit dengan sel hewan, tumbuhan memiliki membran sel yang dilapisi oleh organel lain yang bernama dinding sel. Dinding sel tanaman tersusun berlapis-lapis dan mengandung mikrofibril selulosa, hemiselulosa, pektin, lignin, dan protein larut. Dinding sel mengelilingi membran plasma dan memberikan kekuatan tarik dan perlindungan sel. Keberadaan dinding sel inilah yang menyebabkan sel tumbuhan berbentuk tetap dan kaku berbeda dengan sel hewan.

2. Vakuola

Keberadaan 5 Organel Ini Bedakan Sel Hewan & Tumbuhan
animales.website

Vakuola adalah salah satu jenis struktur seluler mikroskopis yang disebut organel. Baik sel tumbuhan dan hewan dapat mengandung vakuola, tetapi lazimnya vakuola hanya terdapat di dalam sel tumbuhan. Pada tumbuhan, ukuran vakuola akan bertambah besar seiring bertambahnya usia tumbuhan dan sering memakan banyak ruang di dalam sel. Sel-sel hewan rata-rata tidak memiliki vakuola, kecuali beberapa hewan uniseluler dan itupun ukurannya sangat kecil. Kandungan vakuola pada hewan akan menyebabkan kerusakan pada sel dan mengganggu fungsi sel lainnya. 

3. Sentriol

Keberadaan 5 Organel Ini Bedakan Sel Hewan & Tumbuhan
fineartamerica.com

Sentriol merupakan kumpulan mikrotubulus yang berbentuk seperti bintang. Organel sentriol ditemukan hanya dalam sel-sel hewan saja. Organel berpasangan ini biasanya terletak bersama di dekat inti sentrosom  yang berfungsi sebagai pusat pengorganisasian mikrotubulus. Dalam pembelahan sel, sentriol memiliki peran dalam menarik kromosom yang digandakan ke ujung berlawanan dari sel yang membelah. Meskipun sentriol memiliki peranan dalam pembelahan sel secara mitosis namun sel-sel tumbuhan dapat bereproduksi dengan baik tanpa keberadaannya. 

4. Kloroplas

Keberadaan 5 Organel Ini Bedakan Sel Hewan & Tumbuhan
sciencephoto.com

Kloroplas menjadi penghasil makanan bagi sel. Organel yang satu ini hanya dapat ditemukan dalam sel tumbuhan dan beberapa protista seperti alga. Sel-sel hewan sama sekali tidak memiliki kloroplas baik ukuran kecil maupun besar. Kloroplas bekerja untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi gula yang pada akhirnya dapat digunakan oleh sel untuk melakukan metabolisme. Seluruh proses perubahan energi menjadi makanan tersebut dinamakan fotosintesis dan semuanya sangat bergantung pada molekul klorofil hijau kecil di setiap kloroplas.

5. Lisosom

Keberadaan 5 Organel Ini Bedakan Sel Hewan & Tumbuhan
sciencephoto.com

Lisosom merupakan organel subselular yang ditemukan di hampir semua jenis sel eukariotik dan yang bertanggung jawab untuk pencernaan makromolekul, bagian sel yang lama, dan mikroorganisme. Lisosom mengandung berbagai macam enzim hidrolitik yang dapat memecah makromolekul seperti asam nukleat, protein, dan polisakarida. Meski dimiliki sel hewan maupun tumbuhan, organel ini lebih dikenal sebagai vakuola pada sel tumbuhan. Pada tumbuhan peran lisosom digantikan oleh vakuola, selain untuk mencerna juga dapat menyimpan senyawa organik yang dihasilkan oleh tumbuhan.

Nah, lima organel itulah yang menjadi perbedaan mendasar antara sel hewan dan tumbuhan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah pengetahuanmu!

Cari Artikel Lainnya