Home » Kongkow » Religi Islam » Hikmah & Keistimewaan Berqurban

Hikmah & Keistimewaan Berqurban

- Jumat, 01 September 2017 | 18:17 WIB
Hikmah & Keistimewaan Berqurban

Qurban merupakan salah satu ibadah atau amal sholeh kita untuk bekal di akhirat nanti yang dilaksanakan setahun sekali disebut dengan Idul Adha.

Hukum menjalankan ibadah kurban adalah sunat tapi jika Anda mampu haruslah menunaikannya. Banyak sekali keistimewaan dari tujuan kurban di Idul Adha ini diantaranya sebagai berikut.

Hikmah Berqurban

  1. Penebus Dosa untuk Mendapatkan Pengampunan dari – Nya

Dalam Hadits Al-Bazzar Ibnu Hibban “Hai Fatimah, berdirilah disisi qurbanmu dan saksikanlah. Sesungguhnya tetesan darah pertama itu adalah pengampunan atas dosa-dosamu yang telah lalu”

  1. Menempatkan Rasa Cinta Kita kepada Allah SWT

Dalam perintahnya, apa yang di minta untuk di korbankan seperi barang atau sesuatu lainnya yang sangat disukai atau di cintai, dalam hal ini menunjukan bahwa Allah menguji hambanya apakah seseorang itu sungguh-sungguh atau benar mencintai Allah, apakah mau mengorbankan apapun yang di sukai dan di cintainya, terlebih menegaskan bahwa Allah di atas segala-galanya apa-apa yang kita miliki merupakan titipan Allah swt.

  1. Mendapatkan Bekal Taqwa

Kita sebagai manusia, hamba Allah harus mencari bekal taqwa kita kepada Allah swt untuk keselamatan dunia dan akhirat yaitu dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi semua larangannya. Dengan bertaqwa, akan tumbuh perasaan bahwa ia adalah abdi atau sebagai hambanya. Salah satu bentuk ketaatan kita kepada Allah yaitu dengan berqurban bagi orang-orang yang mampu.

  1. Sarana untuk Mendekatkan Diri kepaa Allah SWT

Dalam ilmu arab, kurban memiliki akar kata qa rho ba yang membentuk kata qaruba, qurb dekat, dan taqarrub yaitu mendekat. Dengan seiring bertambahnya umur akan bertambah lebih dekat lagi pada kematian, yang artinya semakin dekat berjumpa dengan tuhan Allah swt. Dengan kita berqurban, minimal diri kita menjadi insyaf dan ingat selalu pada yang maha kuasa, sehingga akan berjumpa dengan tuhan dalam kebaikan.

  1. Mengharapkan Kesucian Diri serta Harta

Dalam setiap kebaikan bisa di artikan adalah sedekah, yang bertujuan untuk mesucikan diri dan harta. Berqurban dengan disertai niat karena Allah merupakan amal sholeh yang sangat di sukai Allah swt.

  1. Menghilangkan Sifat Mazmumah dan Memupuk Sifat Mahmudah

Mahmuddah merupakan sifat ketaatan hambanya kepada Allah swt, bertaubat, pemurah terhadap sesama, menambah syukur, dan ketundukan atas perintah-Nya. Sedangkan mazmumah ialah sifat kerakusan pada dunia atau cinta dunia, sombong, dengki, hasud, dan lainnya. Nah, hikmah berqurban ini tiada lain hanya untuk menambah ketaatan kita kepada Allah swt.

  1. Meningkatkan Sifat Kasih Sayang

Hikmah dalam berqurban yang ke-7 ialah untuk meningkatkan rasa peduli dan sayang terhadap sesama baik si kaya maupun si miskin. Sehingga dengan berqurban hubungan antar sesama ini akan bertambah merekat kerukunan serta kebersamaannya.

  1. Sebagai Syiar Islam

Dalam menjalankan sunnah Nabi Ibrahim as ini akan menjadikan pahala yang berupa amal sholeh bagi kita untuk bekal di akhirat nanti. Selain itu juga, bermanfaat untuk syiar Islam dengan keagungan dan islam yang rahmatan lilaalamiin.

Demikian artikel tentang hikmah menjalankan Ibadah berupa amal shaleh dengan berqurban bagi kita sebaga mu’min muslim yang taat pada Allah dan rosul-Nya. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna bagi kita untuk selalu menjadi hamba yang beriman dan taat kepada Allah swt.

Cari Artikel Lainnya