999 +
0
352
0
Cepat lapar jadi tanda saat tubuhmu kekurangan serat
3 years 'ago'

Buka rahasia lagi bahwa mengonsumsi serat bisa membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, serat juga penting untuk menjaga kelancaran pencernaan dan kesehatan tubuh. Namun hingga saat ini masih banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka kekurangan serat.

Berdasarkan keterangan Keri Gans, seorang ahli diet dari New York City, wanita sebaiknya mengonsumsi sekitar 25 gram serat setiap hari. Namun masih banyak orang yang tidak memenuhi kebutuhan serat mereka dan tidak menyadarinya. Berikut adalah beberapa tanda ketika seseorang kekurangan serat, seperti dilansir oleh Women's Health Mag.

Tidak teratur ke kamar mandi
Jika kamu tidak teratur ke kamar mandi setidaknya sehari sekali untuk buang air besar, itu adalah salah satu tanda kamu kekurangan serat. Kebanyakan orang mengira bahwa mengalami konstipasi adalah salah satu tanda kekurangan serat. Namun sebenarnya, konstipasi adalah bentuk ekstrim dan serius dari kekurangan serat. Salah satu gejala ringannya adalah jika kamu tidak teratur ke kamar mandi untuk buang air besar sehari sekali.

Kolesterol tinggi
Ya, kolesterol dan serat sangat berhubungan. Penelitian mengungkap bahwa serat bisa membantu menurunkan kolesterol Jika seseorang kekurangan serat, kemungkinan ini bisa membuat tingkat kolesterol meningkat. Serat akan membantu melancarkan pencernaan dan membuat kolesterol keluar dari tubuh. Kurang serat berarti akan semakin banyak kolesterol yang menumpuk dalam tubuh.

Cepat lapar
Serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh. Jika kamu merasa lapar 45 menit hingga satu jam setelah makan, kemungkinan tubuhmu kekurangan serat. Itu juga berarti bahwa makanan yang kamu konsumsi mengandung sangat sedikit serat. Karena itu, pastikan kamu mengonsumsi diet seimbang yang kaya serat dan nutrisi lainnya.

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow