Home » Kongkow » Travel » 5 Alasan Tangalooma Jadi Destinasi Wisata Favorit di Australia

5 Alasan Tangalooma Jadi Destinasi Wisata Favorit di Australia

- Senin, 12 Juni 2017 | 08:49 WIB
5 Alasan Tangalooma Jadi Destinasi Wisata Favorit di Australia

Tangalooma menjadi salah satu daerah wisata favorit di Australia. Jutaan turis dari berbagai negara berdatangan setiap tahunnya.

Karena, berkunjung ke Tangalooma, Anda bisa merasakan berbagai macam aktivitas liburan, mulai dari yang paling sederhana yakni bermain di pinggir pantai, hingga melakukan kegiatan yang tak biasa, seperti meluncur dari atas bukit pasir putih.


Namun bukan hanya itu yang menjadi alasan kawasan wisata di negara bagian Queensland ini masuk nominasi sebagai wisata favorit di Australia.  Sedikitnya ada 5 alasan mengapa Tangalooma menjadi destinasi wisata favorit di Australia, sehingga layak untuk Anda kunjungi

1. Pasir putih dan laut yang indah

Tangalooma merupakan kawasan dengan pulau pasir putih terbesar di dunia. Tak hanya di pinggir pantai, pasir putih di sana juga membentuk sejumlah perbukitan. Sehingga wisatawan bisa melakukan aktivitas meluncur dari atas bukit. Aktivitas ini pun dikenal dengan nama sand toboganning.

Selain pasir putih, keindahan Tangalooma juga juara pada pantai hingga laut yang membiru dengan karang yang indah. Wisatawan pun biasa melakukan snorkeling maupun diving di tempat tersebut.

2. Sebagai lokasi wisata bersejarah

Tangalooma juga merupakan lokasi wisata bersejarah. Terbukti, pemilik pertama kawasan Moreton Bay di Pulau Moreton ialah suku Ngugi. Tangalooma dalam bahasa Aborigin berarti tempat ikan-ikan bertemu.

Kapten James Cook menamainya ‘Morton Bay' di tahun 1770 untuk menghormati Earl of Morton dari Skotlandia.

Di sana juga ada situs penyelaman kapal karam buatan manusia yang menakjubkan. Bangkai kapal karam tersebut tidak jauh di lepas pantai, jadi tidak mustahil untuk berenang ke sana. Aktivitas itu dikenal dengan Tangalooma Wrecks.

3. Banyak aktivitas tidak biasa

Tahukan Anda, bahwa berlibur ke Tangalooma, banyak aktivitas tak biasa yang dapat dilakukan. Seperti berseluncur dari atas pasir putih, hingga berinteraksi dengan lumba-lumba hidung botol. Interaksi dengan cara memberi makan pada lumba-lumba jenis itu merupakan kegiatan yang banyak digemari. Mamalia itu biasa datang ke pantai saat senja tiba.

Selain itu, wisatawan juga bisa lebih dekat dengan beberapa jenis paus. Pada dekade 1950-an, Tangalooma merupakan situs salah satu pusat perburuan paus terbesar di belahan dunia selatan. Kini, selama musim migrasi paus tahunan dari Juni hingga Oktober, Anda dapat mengamati dari dekat.

4. Lokasi tidak jauh dari pusat kota

Untuk berkunjung ke Tangalooma, wisatawan tidak perlu khawatir. Karena kawasan wisata ini tidak jauh dari pusat Kota Brisbane. Anda cukup menggunakan kapal ferry selama satu jam menuju Pulau Moreton.

Jika Anda ingin merasakan sensasi lain untuk bertandang ke Tangalooma, maka bisa memilih menggunakan helikopter atau kapal pesiar.

5. Memiliki beraneka ragam satwa

Satwa yang tinggal di Tangalooma tidak hanya dari spesies yang hidup di air saja. Tercatat, ada lebih dari 180 spesies burung yang ada di Pulau Moreton. Mereka juga memiliki Moreton Bay Marine Park membentang sepanjang 125  kilometer di sepanjang garis pesisir dari  ke Caloundra.
 

Cari Artikel Lainnya