Home » Kongkow » WOW » Kekuatan Tersembunyi Semut

Kekuatan Tersembunyi Semut

- Sabtu, 15 April 2017 | 22:45 WIB
Kekuatan Tersembunyi Semut

Banyak orang tidak menyangka, semut merupakan hewan terkuat di dunia. Tubuh semut begitu rentan, sekali jari tangan tekan mudah dimatikan. Tetapi sejatinya semut adalah binatang yang kuat dilihat dari beban yang dibawa jika kita komparasi dengan berat badannya.

Walaupun ukuran tubuhnya kecil, tapi semut jantan mampu mengangkat makanan yang beratnya 100 kali lebih berat daripada berat tubuhnya untuk dibawa ke sarangnya. Kekuatan semut hanya kalah dari kumbang badak, yang mampu menopang beban seberat 850 kali dari berat badan. Sedangkan gajah hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali berat badannya.

Kekuatan semut ini dibuktikan oleh Dr Thomas Endlein, seorang spesialis zoologi dari Universitas Cambridge. Endlein memenangkan kontes fotografi ilmiah dengan foto seekor semut mengangkat beban 100 kali lipat berat tubuhnya. Gambar itu menunjukkan seekor semut pemintal Asia bergantung dari permukaan yang terbuat dari kaca danmenggigit beban seberat 500 mg.

Foto itu diambil oleh ketika dia sedang meneliti kaki lengket binatang serangga itu. Penelitian itu menunjukkan bagaimana semut mengubah ukuran dan bentuk cakarnya agar mereka dapat mengangkat beban yang lebih berat.

Semut termasuk makhluk yang paling mendominasi tanah di planet Bumi, terutama di daerah tropis. Serangga eusosial ini termasuk keluarga Formicidae dalam ordo Hymenoptera. Semut biasa hidup berkoloni dengan membangun sarang, terkadang satu koloni terdiri dari ribuan ekor semut, menguasai dan menggunakan area yang luas untuk kehidupan mereka. Itulah sebabnya koloni semut lazim disebut superorganisme.

Cari Artikel Lainnya