Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Pertama kali Bahasa ditemukan atau dikenal

Pertama kali Bahasa ditemukan atau dikenal

- Sabtu, 15 April 2017 | 16:27 WIB
Pertama kali Bahasa ditemukan atau dikenal
Kita sebagai manusia harus lah selalu berkomunikasi antar sesama, baik itu dengan keluarga maupun dengan orang lain, karena kita adalah makhluk sosial maka kita tidak lepas dari komunikasi.
Untuk itu diperlukannya suatu bahasa yang menggambarkan keinginan atau pun sikap seseorang dalam penyampaian, baik secara lisan, tulisan maupun isyarat.

Manusia berkomunikasi adalah upaya untuk memenuhi kebutuhannya, tanpa komunikasi kita tidak bisa berbuat banyak.
Zaman purba lah salah satunya yang memberikan peninggalan yang satu ini dan saat ini bermacam dan tata bahasa yang ada, maka terciptalah suatu komunikasi yang disebut sebagai "Bahasa". Jadi Bahasa pertama kali ditemukan adalah pada zaman purba, hal ini pendapat lain dari sumber yang ada.

Bahasa yang pertama kali sebelum manusia mengenal tulisan yaitu dengan memberikan suatu gambar, simbol-simbol dan gerak tubuh.
Dahulu, memang bahasa yang digunakan tidak beragam seperti sekarang. Jadi, misalnya kita dalam bahaya atau menemukan sesuatu yang berharga kita bisa memberikan isyarat dengan berteriak sekeras-kerasnya atau menunjukan ke suatu objek yang ada untuk memberi tahu kan ke orang disekitarnya.

Seiring dengan perkembangan yang ada, bahasa yang digunakan juga semakin komplek. Manusia mulai mengenal tulisan dan diolah lagi menjadi komunikasi verbal, atau komunikasi yang digunakan melalui lisan.

Itu adalah secara keseluruhan atau pertama kali terciptanya sebuah bahasa, tapi kalau misalnya pertama kali yang menemukan bahasa inggris, bahasa indonesia dan bahasa-bahasa yang lain, mungkin itu adalah peninggalan atau tercipta hasil dari para leluhur masing-masing negara yang saat itu menggunakan bahasa tersebut setelah bahasa pertama kali itu tercipta, dan sampai saat ini bahasa-bahasa tersebut dipakai.

Kenapa bahasa-bahasa tersebut beraneka ragam dan tutur kata yang berbeda ?, karena kita berada bukan pada suatu tempat yang sama, zaman dahulu manusia berpencar dan berpindah-pindah tempat sehingga peradaban dan alam disekitar mempengaruhi bahasa mereka.

Sedikit perbedaan pendapat dan definisi lain, bahasa yang pertama kali adalah bahasanya Nabi Adam As, di dalam sebuah keterangan atau riwayat bahwa penduduk surga pertama kali dihuni oleh Nabi Adam AS dan menurut beberapa keterangan penduduk Syurga itu adalah memakai bahasa arab, maka bisa dikatakan jika bahasa Nabi Adam As adalah bahasa Arab yang berarti bahasa pertama kali ada adalah bahasa arab, tetapi tidak ada keterangan secara pasti mengenai bahasa yang digunakan di syurga, apakah bahasa arab atau bahasa lainnya Wallohualam Bishowab.

Keterangan lain yang mengatakan bahwa bahasa pertama kali adalah bahasa aram, keterangan mengenai bahasa aram bisa dibaca disini, tapi WallohuA'lam saya hanya memberikan info dan pengetahuan dari berbagai sumber yang ada.

Adapun yang menyebutkan bahwa Anak dan cucu Nabi adam AS yang dulunya tinggal bersama dan menggunakan bahasa yang sama, kemudian dari sekian banyak putra-putri cucu-cucu Nabi Adam kemudian berpencar keseluruh penjuru dunia, dan pada saat itu lah alam merubah bahasa induk mereka karena berada pada alam yang berbeda, berbeda pula bentuk alam, iklim, kebudayaan dan sebagainya yang ada disekitarnya. Misalnya disatu tempat ada pohon cemara dan disatu tempat lainnya pohon kelapa, maka disitu lah juga mulai ada perubahan tutur kata, istilah dan bahasa yang digunakan.

Cari Artikel Lainnya