Home » Kongkow » Travel » Danau Limboto Sudah Lenyap

Danau Limboto Sudah Lenyap

- Rabu, 12 April 2017 | 11:00 WIB
Danau Limboto Sudah Lenyap

Kamu tahu, Danau Limboto? Dulu, danau ini merupakan danau tadah hujan yang berfungsi sebagai tempat bermuaranya aliran 23 sungai yang ada di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Dulu, danau ini sangat luas. Kini, Danau Limboto nyaris lenyap.

Danau Limboto

Pada tahun 1932, luas Danau Limboto mencapai 7.000 hektar. Kira-kira 59 kali luas lapangan bola, deh! Kedalamannya saja mencapai 14 meter. Wuaah.. gede banget, kan?

Sayangnya, pada tahun 2011 luas danau itu menjadi 3.000 hektar dan kedalamannya hanya 3 meter saja! Ck, ck, ck.. benar-benar menyedihkan!

Mengapa bisa begitu? Menurut Kepala Bidang Lingkungan Hidup pada Balai Lingkungan Hidup, Riset, dan Teknologi Informasi Provinsi Gorontalo, Rugaya Biki, penyusutan itu disebabkan oleh pendangkalan dari endapan lumpur yang terjadi bertahun-tahun.

Dalam waktu 15 tahun ke depan, Danau Limboto diperkirakan akan lenyap dari muka bumi ini atau rata dengan permukaan daratan.

Padahal danau ini sangat penting perannya sebagai tangkapan air hujan untuk mencegah banjir. Ayo, teman-teman! Selamatkan dan jaga lingkungan kita mulai dari sekarang, ya!

Cari Artikel Lainnya