Home » Kongkow » Hobi » 5 Manfaat menulis dengan tangan untuk otak

5 Manfaat menulis dengan tangan untuk otak

- Jumat, 03 Maret 2017 | 12:00 WIB
5 Manfaat menulis dengan tangan untuk otak

Di era modern seperti sekarang, kebanyakan orang mulai malas menulis dengan tangan. Mereka lebih memilih untuk mengetik dengan keyboard ketimbang menulis dengan tangan.

Sebab, hal itu dinilai lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak energi. Nah, ini adalah lima manfaat menulis dengan tangan untuk otak.

1. Memiliki efek menenangkan

Menulis kalimat seperti, "Aku akan lebih damai" setidaknya 20 kali per hari benar-benar memiliki dampak positif bagi otak, terutama untuk orang-orang dengan gangguan defisit perhatian.

2. Mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan

Menulis font klasik yang indah dapat membantu Anda dalam mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan. Cara ini tentu bisa membantu meningkatkan kemampuan otak Anda.

3. Meningkatkan keterampilan kognitif

Bagi anak-anak, menulis dengan tangan bisa menjadi alat dalam meningkatkan keterampilan kognitif.

4. Meningkatkan kreativitas

Memainkan pena di atas kertas dapat mendorong Anda untuk menjadi lebih kreatif, karena itu akan menjadi proses yang lebih lambat dari sekedar mengetik sesuatu pada keyboard.

5. Meningkatkan memori

Anda lebih sering menggunakan laptop untuk mencatat tugas karena merasa itu lebih cepat. Tetapi, bagaimana jika menulis dengan tangan benar-benar bisa membantu Anda untuk mengingat semua catatan Anda?

Banyak psikolog percaya bahwa menulis sesuatu dengan tangan memiliki efek yang lebih tahan lama pada memori. Dan ini berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak.

Inilah lima manfaat menulis dengan tangan untuk otak. Ada sejumlah studi yang menunjukkan bahwa selama masa perkembangan, anak-anak yang rajin menulis dengan tangan memiliki retensi memori yang lebih baik.

Cari Artikel Lainnya