Home » Kongkow » Kesehatan » Hand Sanitizer Tak Lebih Bersih dari Sabun Tangan

Hand Sanitizer Tak Lebih Bersih dari Sabun Tangan

- Minggu, 14 Februari 2021 | 15:00 WIB
Hand Sanitizer Tak Lebih Bersih dari Sabun Tangan

Cairan antiseptik pembersih tangan atau yang kita kenal dengan Hand sanitizer memang menjadi salah satu pilihan praktis untuk membebaskan tangan dari kuman dan bakteri hanya dalam hitungan detik.

Kebanyakan hand sanitizer menggunakan alkohol untuk membunuh bakteri dan virus, sedangkan produk lainnya menggunakan triklosan untuk menggantikan fungsi alkohol. Hand sanitizer emang sangat membantu untuk membersihkan tangan saat sabun dan air tidak tersedia di sekitar Anda.

Namun, dilansir laman Refinery29, berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam Jurnal Clinical Infectious Diseases pada 2009 silam menggunakan hand sanitizer tidak dapat membunuh kuman dan bakteri sehebat menggunakan sabun dan air.

Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa mereka yang mencuci tangan dengan air dan sabun memiliki bakteri lebih sedikit ketimbang mereka yang menggunakan hand sanitizer.

Dijelaskan, hand sanitizer memang dapat membunuh bakteri, namun mencuci tangan dengan air dan sabun mampu menghilangkan bakteri tersebut secara menyeluruh.

Tak hanya itu, mencuci tangan dengan sabun bahkan tanpa embel-embel 'antibakteri' juga dapat menyingkirkan bakteri lain seperti norovirus penyebab influenza dan Clostridium Difficle (C. Diff) penyebab diare. Kedua bakteri ini tidak dapat disingkirkan dengan hand sanitizer.

Lalu bagaimana dengan penggunaan hand sanitizer di rumah sakit?

Banyak yang menganggap hal ini sebagai pembenaran bahwa hand sanitizer dapat membuat tangan menjadi lebih steril. Namun, hingga saat ini belum ada bukti yang kuat untuk membenarkan hal tersebut.

Oleh karena itu, hand sanitizer masih dapat digunakan jika memang dibutuhkan, namun Anda perlu ingat bahwa cairan tersebut bukan pengganti cuci tangan.

Mencuci tangan dengan sabun tetap menjadi solusi terbaik untuk membersihkan tangan dari segala kuman kotoran.

Cari Artikel Lainnya