Home » Kongkow » Tahukah Kamu » PENGERTIAN DAN ASAL USUL UNSUR KIMIA

PENGERTIAN DAN ASAL USUL UNSUR KIMIA

- Minggu, 05 Februari 2017 | 22:11 WIB
PENGERTIAN DAN ASAL USUL UNSUR KIMIA
Unsur adalah sebuah zat yang hanya mengandung 1(satu) jenis atom. Variasi yang luar biasa yang mengelilingi kita tersusun atas substansi-substansi yang bisa juga disebut dengan unsur. Singkatnya Unsur adalah suatu bahan murni yang tidak bisa dipecah menjadi lebih sederhana lagi. Unsur tersebut harus berkombinasi dahulu baru dapat membentuk senyawa,
Unsur kimia

Unsur kimia

Kebanyakan dari unsur membentuk suatu kombinasi dua, tiga, atau lebih, untuk dapat membentuk senyawa.
Asal Mula Unsur

Sampai sekarang ini, sudah ditemukan sekitar 115 unsur oada bumi ini. Seluruh unsur pada Bumi ini terbentuk dari jantung bintang yang meledak. Jagat raya yang pertama tama terbentuk hanya terdiri atas dua unsur, yakni :

helium
hidrogen

yang membentuk bintang

pada inti bintang-bintang tersebut, hidrogen serta juga helium bersama-sama membentuk suatu unsur baru yang lebih berat, bahkan juga unsur yang lebih berat tersebut dihasilkan didalam ledakan bintang besar yang disebut dengan supernova.
Pengelompokkan Unsur

Dengan berdasarkan penemuannya, unsur tersebut dikelompokkan kedalam 2 kelompok, yakni

Unsur Alami merupakan unsur yang murni,
Unsur Buatan yang dibuat didalam suatu laboratorium dan juga biasanya berusia pendek

1.Unsur Alami
Seperti dipenjelasan diatas , sampai sekarang ini sudah ditemukan 115 unsur, 90 dari itu adalah unsur yang alami. Pada tiap-tiap substansi di bumi tersebut tersusun atas satu atau juga lebih dari 90 unsur ini. Oksigen adalah salah satu unsur yang paling umum di bumi, serta juga juga manfaatnya yang paling kita ketahui adalah unsur pernapasan bagi kehidupan manusia (bernafas), Sedangkan Hidrogen adalah suatu unsur yang paling banyak di jagat raya.

2.Unsur Buatan
Secara alami, tidak terdapat unsur yang lebih berat selain uranium, tetapi para peneliti mampu untuk dapat menciptakan unsur baru yang lebih berat,caranya ialah dengan menggabungkan dua unsur yang lebih kecil bersama-sama didalam kecepatan yang tinggi, Namun kebanyakan dari unsur baru tersebut tidak bertahan lama serta juga cepat pecah.

Berdarkan sistem Periodik

Selain dari Pengelompokkan di atas, Unsur Tersebut juga dikelompokkan dengan berdasarkan sistem periodik unsur oleh para ilmuan, untuk lebih mudah dibedakan menurut sifatnya.Berikut ini merupakan pengelompokkannya yang terbagi menjadi ialah sebagai berikut

unsur logam,
nonlogam,
semi logam.

1.Unsur-unsur Logam
Sebagian besar atas unsur yang sudah ditemukan itu merupakan unsur logam, kira-kira sekitar 3/4 dari keseluruhan unsur. Kebanyakan unsur logam tersebut mempunyai kerapatan yang tinggi, serta juga mengkilap. Unsur-unsur tersebut memiliki banyak kegunaan, dikarenakan unsur tersebut kuat, meskipun kuat unsur tersebut tetap mudah untuk dibentuk. Selain itu juga, logam juga adalah suatu penghantar panas serta juga listrik yang baik.

2.Unsur-unsur Nonlogam
Terdapat kurang lebih 16 unsur nonlogam yang terbentuk engan secara alami. Semuanya (kecuali grafit) adalah suatu penghantar panas serta juga listrik yang buruk, sifat yang dipunyainya ini bertolak belakang dengan unsur-unsur logam. Pada suhu kamar, 4(empat) unsurnya (fosfor, karbon, sulfur, serta iodin) berupa padatan, 11(sebelas) lainnya berupa gas.

3.Unsur-unsur Semilogam
Unsur-unsur semilogam tersebut disebut juga dengan metaloid, dapat untuk bertindak sebagai penghantar yang buruk (seperti nonlogam), tetapi juga bisa dibuat supaya menjadi penghantar yang baik (seperti layaknya logam). dikarenakan sifatnya tersebut, unsur-unsur semilogam disebut juga dengan semikonduktor. Terdapat 9(sembilan) unsur semilogam, serta semuanya berupa padatan disuhu kamar.
Cari Artikel Lainnya