Home » Kongkow » Musik » 4 Judul Lagu Ini Sengaja Diubah Karena Takut Menimbulkan Kontroversi

4 Judul Lagu Ini Sengaja Diubah Karena Takut Menimbulkan Kontroversi

- Rabu, 07 Agustus 2019 | 11:00 WIB
4 Judul Lagu Ini Sengaja Diubah Karena Takut Menimbulkan Kontroversi

Judul lagu adalah satu hal yang paling mudah diingat orang ketika mendengarkan sebuah lagu.

Saking pentingnya, pencipta lagu ada pemusik benar-benar mencari judul yang pas agar lagunya bisa laku dipasaran dan disukai orang.

Karena ini juga ada beberapa judul lagu yang segera diubah sebelum dilempar pada pendengar karena dikhawatirkan menimbulkan kontroversi atau pun jadi bahan omongan yang negatif. 

Ini dia judul lagu yang sengaja diubah karena takut menimbulkan kontroversi.

Out of My Limit – 5 Second of Summer

Aslinya lagu ini diberi judul Over The Limit.  Menurut Ashton  Irwin judulnya diubah karena sepintas kalau ngomong ‘over the limit’ seperti ngomong batas tingkat konsumsi alkohol seseorang.

“Kalau nyebut Over The Limit orang bisa mengira kami sedang menyetir sambil mabuk. Ini kan bahaya banget. Akhirnya kami ganti jadi Out of My Limit.”

Work From Home – Fifth Harmony

Lagu yang catchy dan jadi favorit semua orang ini awalnya hanya berjudul Work

Tapi Fifth Harmony menggantinya karena sebelum single ini rilis, sudah ada lagunya Rihanna yang berjudul Work.  Saat itu mereka sedang mengerjakan lagu ini. 

“Kami kaget banget begitu mendengar Rihanna merilis single ini tahun di pertengahan tahun 2016.  Enggak mungkin lah kami punya lagu yang sama dengan dia.

Jadi kami menambahkan kata ‘ From Home’ biar beda,” jelas  Dinah Jane, salah satu anggot Fifth Harmony.

Flawless – Beyonce

Walau Beyonce enggak mengakui langsung, tapi sejumlah teori menyakini kalau single Flawless aslinya berjudul Bow Down atau I Been On.

Karena kalimat ini diulang berkali-kali pada bagian reffrain. Dan kalau melihat pola dari lagu-lagu yang sudah ada sebelumnya, umumnya judul lagu itu diucapkan berulang kali pada bagian reffrain.

Sejumlah pecinta dan pengamat  musik memperkirakan kalau kata ‘ Bow Down itu berkonotasi cewek yang tunduk.

Padahal Beyonce adalah salah satu ikon cewek feminis, pastinya bukan tipe yang mau ‘tunduk’ pada orang lain.

Dan tim kreatif Beyonce pun mengakui kalau mereka harus menganti sejumlah gambar di video klip agar cocok dengan judul lagu Flawless ini.

Hymn For The Weekend – Coldplay

Judul asli lagu ini adalah Drink on Me tapi diubah jadi Hymn for The Weekend.

Saat menciptakan lagu Chris sedang mendengarkan lagunya rapper, Flo Rida dan berpikir kayaknya keren juga kalau bandnya bikin lagu pesta dan tiba-tiba aja lirik ‘drink on me, drink on me‘ muncul dalam otaknya.

Dari situlah melodi dan liriknya lahir. Ketika dia memperdengarkan pada teman-temannya, semuanya sepakat kalau lirik ‘drink on me’ enggak cocok dengan karakter pendengar Coldplay.

Akhirnya diganti dengan ‘drink from me’ yang artinya lebih pada ide memiliki seseorang malaikat penyelamat dalam hidup. Lagu yang tadinya bernuansa pesta pun jadi punya arti yang lebih spiritual dan mendalam.

Cari Artikel Lainnya