Home » Kongkow » Tips & Trik » Susah Bangun Tidur? Coba Dulu Tips Ini

Susah Bangun Tidur? Coba Dulu Tips Ini

- Rabu, 30 November 2016 | 03:39 WIB
Susah Bangun Tidur? Coba Dulu Tips Ini
Mata berat seperti dilem ketika bangun tidur di pagi hari tidak hanya masalah bagi satu orang. Susah bangun tidur bisa diatasi jika Anda tahu bagaimana caranya.

Pernah mengalami pasang banyak jam alarm fisik maupun di telepon selular dengan suara lantang tapi tetap susah dan malas bangun tidur? Susah bangun tidur tak hanya membuang-buang waktu, tapi juga bisa membuat Anda terlambat datang ke kantor, kampus, sekolah, atau kegiatan lainnya. Beberapa langkah di bawah ini mungkin bisa mengatasi kesulitan bangun tidur Anda


Kenali jam tubuh sendiri

Tubuh membuat perubahan untuk mengantisipasi Anda yang ingin tidur. Hal ini dilakukan dengan cara seperti menurunkan suhu tubuh dan detak jantung, satu atau dua jam sebelum tidur. Selain itu, tubuh pun melepaskan melatonin ke dalam aliran darah. Kegiatan ini akan memuncak pada pukul 3-4 pagi dan setelah itu tubuh mulai proses bangun tidur. Pada pukul 4-6 pagi, kebanyakan orang justru sedang tidur dengan lelapnya. Bangun tidur pada jam-jam tersebut pun akan terasa sangat sulit.

Jika jadwal tidur Anda kacau atau tidak konsisten, Anda mungkin tidak tahu berapa banyak waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tidur secara alami. Dianjurkan untuk mulai tidur dan bangun pada waktu yang sama dengan durasi 8 jam tidur. Contohnya, jika Anda harus bangun pada pukul 05.00, usahakan untuk mulai tertidur jam 9 malam. Lakukan hal ini secara konsisten (bahkan pada akhir minggu) selama beberapa minggu agar tubuh terbiasa.

Ada juga orang yang butuh kurang atau lebih dari delapan jam tidur setiap hari. Oleh karena itu, dianjurkan agar memerhatikan ritme tubuh masing-masing.

Tekad

Agar bangun pagi tak terasa sulit, coba tanamkan dalam-dalam kenapa Anda harus bangun pagi. Apakah Anda harus bekerja? Mengurus dan mengantar anak ke sekolah? Meluangkan waktu untuk sarapan sambil berbincang dengan keluarga? Olahraga? Atau berbagai alasan lainnya?

Matikan lampu, televisi, dan gawai sebelum tidur

Cukup tidur dapat membuat bangun pagi terasa lebih mudah. Namun, apabila mata tidak bisa berhenti melihat gawai, laptop, atau televisi hingga waktu tidur tiba, Anda kemungkinan akan susah terlelap atau tidur dengan nyenyak. Untuk itu dianjurkan untuk mematikan gawai atau alat elektronik lain setidaknya satu jam sebelum Anda mulai beranjak ke tempat tidur.

Jangan sentuh tombol snooze alarm

Atur alarm agar Anda bangun di menit-menit akhir supaya tidak tergoda untuk tidur kembali. Jika jarak alarm dan Anda sangat dekat hingga tombol snooze bisa dijangkau dengan sangat mudah, Anda pasti akan tertidur kembali selama beberapa menit. Disarankan untuk menaruh alarm jauh dari tempat tidur. Jika alarm berbunyi, Anda terpaksa harus bangun dan berjalan untuk mematikan suara tersebut. Dan jika Anda benar-benar kesulitan bangun meski sudah memasang banyak alarm dengan suara kencang, minta bantuan keluarga atau teman untuk membangunkan Anda hingga Anda benar-benar terbangun.

Olahraga

Selain menjaga dan meningkatkan kebugaran, olahraga juga memberikan energi pada pikiran dan tubuh. Awali pagi Anda dengan kegiatan sehat agar tubuh benar-benar bangun dan tidak mengawang, seperti:

Tarik napas dalam-dalam tiga atau empat kali.
Duduk dan ayunkan-ayunkan kaki.
Lakukan perengangan agar anggota tubuh bangun.
Berdiri.
Senyum akan memberikan energi postif untuk memulai hari Anda.
Jika tubuh masih terasa berat, pergi ke balkon/depan/belakang rumah dan tarik napas dalam agar paru-paru terisi dengan udara pagi yang segar.
Evaluasi tidur
Gangguan tidur seperti sleep apnea, atau yang disebabkan oleh alergi atau depresi, bisa menyebabkan kualitas tidur terganggu. Tak peduli seberapa besar usaha yang Anda keluarkan untuk pergi dan bangun tidur tepat waktu, Anda akan tetap merasa lelah di pagi hari dan mengantuk sepanjang hari. Untuk itu, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Usaha agar dapat bangun tidur tepat waktu bisa dimulai dari malam sebelumnya. Jika Anda benar-benar berkeinginan kuat, bangun pagi tanpa rasa malas bisa dicapai. Namun jika bangun tidur Anda disertai dengan sakit kepala, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter karena itu bisa saja menjadi gejala penyakit tertentu.
Cari Artikel Lainnya