Home » Kongkow » Inspiratif » Empat Guru Dengan Cara Mengajar Paling Unik di Dunia

Empat Guru Dengan Cara Mengajar Paling Unik di Dunia

- Senin, 12 Agustus 2019 | 11:00 WIB
Empat Guru Dengan Cara Mengajar Paling Unik di Dunia
Salah satu sosok orang yang berjasa dalam hidup setelah orang tua adalah guru. Guru merupakan seorang sosok yang agung, rapi, kaku, ketat dan disiplin. Ketika di sekolah guru selalu mengajarkan kepada kita betapa pentingnya ilmu pengetahuan dan betapa indahnya suatu ke disiplinan. Guru yang baik selalu memberikan sesuatu yang tebaik pula bagi setiap muridnya.
 
Untuk itu tak heran jika guru sering disebut sebagai seorang pahlawan yang tak ternilai pengorbanannya. Karena seorang guru banyak orang yang berhasil dan karena guru pula banyak orang yang kini menjadi orang penting di suatu lingkungan masyarakat. Selain itu dengan cara mengajar yang unik dari seorang guru banyak murid yang suka dan senang dengan guru tersebut.
 
Seperti yang dilakukan oleh para guru berikut ini, guna memberikan penjelasan yang lebih mudah dan dapat dimengerti dengan cepat oleh setiap siswa nya para guru ini rela melakukan berbagai cara. Termasuk cara yang terbilang ekstrim dan memalukan. Mulai dari bertelanjang hingga menggambar rumus di kulit tangan beberapa guru ini malah disukai oleh para muridnya.
 
Berikut adalah Empat Guru Dengan Cara Mengajar Paling Unik di Dunia :
 
Debby Heerkens - Telanjang untuk menerangkan pelajaran Biologi
 
Empat Guru Dengan Cara Mengajar Paling Unik di Dunia
 
Membuka baju di depan seluruh murid adalah hal yang tidak akan pernah dilakukan oleh guru manapun. Namun bagi guru Biologi di Groene Hart Rijnwoude School, Belanda, Debby Heerkens, membuka bajunya menjadi cara yang ampun untuk mengajar. Namun, Debby sebenarnya tidak benar-benar membuka bajunya. Sebelumnya, dia juga memakai baju berbahan spandek yang sudah dilukis dengan bentuk anatomi tubuh manusia.
 
Seolah meninggalkan cara lama yang menggunakan peraga seperti kerangka manusia, gambar, dan lainnya, Debby lebih memilih cara ini untuk membuat muridnya mengerti tentang anatomi tubuh. Selain itu, cara ini juga nyatanya lebih menarik perhatian murid. Aksi Debby saat membuka baju di atas meja kelas pun diunggah ke situs Youtube oleh akun Omroepwest dengan judul 'Lerares Groene Hart Rijnwoude trekt kleren uit voor de klas tijdens biologieles'.
 
Zoe Waller - Menggambar rumus kimia di tangan
 
Empat Guru Dengan Cara Mengajar Paling Unik di Dunia
 
Cara mengajar sejumlah guru memang berbeda-beda, namun ada satu cara belajar unik dari dosen kimia yang satu ini. Zoe Waller (31), seorang dosen kimia Universitas East Angelia, Inggris. Ia dapat menulis metode pembelajaran menggunakan kulitnya. Hal ini disebabkan oleh kelainan pada kulitnya yang menderita Dermatographia.
 
"Aku telah memeriksa kelainan pada kulitku ini, namun kupikir hal ini malah keren dan sangat membantuku dalam mengajar, sebagian orang menilai kelainan ini disebabkan penyiksaan yang kulakukan secara sengaja namun mereka salah, memang terkadang aku menggunakan pensil tumpul untuk membuat semacam gambaran partikel kimia dalam ruas tanganku," ungkapnya.
 
Keanehan pada kulit Zoe membuat para murid yang diajarnya lebih antusias melihat rumus molekul yang ditulisnya menggunakan kulit, daripada melihatnya di buku atau papan tulis.
 
Awalnya Zoe melihat kulitnya gatal dan iritasi tetapi dokter tidak bisa mengingat nama kondisi saat itu dan beranggapan itu hanya semacam gatal biasa. Zoe mengakui hal ini tidak sepenuhnya baik, terlebih lagi saat merasakan gatal dan diperburuk oleh cuaca panas, kemerahan pada kulit dapat muncul dan jika sudah seperti itu Zoe biasanya memberikan Anti-histamin demi meredakan penyakitnya tersebut.
 
Para dokter menyarankan agar kelainan kulit pada Zoe sebaiknya segera ditangani serius guna memperkecil efek lanjut akibat penyakit tersebut.
 
Dosen ngajar pakai piama dan bikin tabel unsur kimia ala Lady Gaga
 
Empat Guru Dengan Cara Mengajar Paling Unik di Dunia
 
Mahasiswa yang susah bangun pagi pasti suka dengan dosen seperti ini. Dua dosen ini kompak pakai piama, sandal kamar, dan rambut acak-acakan untuk mengajar di kelas untuk aksi protes. Mereka merasa keberatan dengan jadwal ujian yang diadakan jam 7 pagi. Seperti sudah diketahui, jam kerja normal di negara-negara barat adalah sekitar jam 9 hingga jam 5 sore.
 
Selain itu, guru ini juga memiliki cara khusus untuk membuat mahasiswanya hafal tabel periodik unsur yang dipenuhi huruf dan angka. Dia menggunakan lirik lagu Bad Romance milik Lady Gaga untuk menyusun tabel periodik unsur.
 
Metode unik guru sains, mengajar gunakan meme dan aksi film laga
 
Empat Guru Dengan Cara Mengajar Paling Unik di Dunia
 
Lagi-lagi guru sains yang punya ide kreatif untuk membuat murid tertarik dengan pelajaran. Cara yang satu ini, sang guru menjelaskan sifat-sifat cairan menggunakan meme lucu sebagai sarana.
 
Tidak hanya itu, aksi unik lainnya adalah saat guru sains membuat materi pelajaran lebih menarik bak film action. Entah pelajaran apa yang sedang ia sampaikan sampai harus menggunakan api sebesar itu, tapi pasti murid di kelasnya tak bakal mengantuk.
 
Nah, itulah kawan empat guru yang memiliki cara mengajar paling unik di dunia, cara-cara tersebut tentunya akan membuat suasana kelas lebih hidup dan siswa siswinya lebih semangat belajar bukan?
Cari Artikel Lainnya