Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

- Selasa, 12 Juli 2022 | 14:00 WIB
Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

Secara naluriah, kucing betina itu bisa menjalani persalinan tanpa bantuan siapa pun karena biasanya saat melahirkan kucing akan membutuhkan privasinya.

Berbeda dengan manusia, masa kehamilan kucing sangatlah singkat sehingga tanda kucing mau melahirkan akan lebih sulit dikenali.

Secara umum, masa kehamilan kucing sekitar 60 hari dan setelah itu akan ada sejumlah tanda yang menunjukkan bahwa kucing akan segera melahirkan, diantaranya:

a. Kucing yang mau melahirkan biasanya menjadi sangat gelisah, berjalan seperti sedang mencari sesuatu, dan menjadi sangat vokal.

b. Biasanya kucing tidak mau makan hingga 24 jam sebelum melahirkan dan temperatur tubuhnya turun hingga di bawah 37,8 derajat Celsius.

Baca juga:

Mengenal Kucing Pallas yang Terancam Punah

c. Dia mungkin juga melakukan beberapa perjalanan yang tidak produktif ke kotak kotorannya. Kucing juga akan mondar-mandir mencari tempat yang tepat untuknya bersalin yang disebut dengan "nesting".

d. Jika kamu berusaha membuatkan tempat khusus untuk kucing bersalin, jangan heran jika dia memilih tempat lain, karena dia mungkin tidak terbiasa dengan tempat tidur bersalinnya atau hanya suka melahirkan di tempat lain. Jangan memindahkannya dan akan selalu lebih aman membiarkannya melahirkan di tempat yang dia pilih sendiri.

e. Selain perubahan perilaku, kucing yang akan melahirkan juga memperlihatkan sejumlah perubahan fisik, salah satunya puting susunya akan lebih menonjol, membesar, dan berubah warna menjadi lebih cerah atau gelap.

f. Saat akan melahirkan, kucing akan tampak mengalami kontraksi atau gerakan rahim untuk mendorong bayinya keluar. Kontraksi ini dapat membuat kucing mengeong kesakitan, dan terkadang juga diikuti dengan keluarnya darah atau cairan lain.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya