Home » Kongkow » Biologi » Mengenal Tanaman Karnivora Venus Flytrap

Mengenal Tanaman Karnivora Venus Flytrap

- Jumat, 24 Juni 2022 | 10:00 WIB
Mengenal Tanaman Karnivora Venus Flytrap

Tanaman Venus Flytrap atau dalam bahasa latin Dionaea muscipula adalah salah satu tanaman karnivora yang sangat unik. Tanaman karnivora Venus Flytrap berbentuk capit oval dengan diameter sekitar 10cm.

Tanaman ini dilengkapi dengan jebakan yang akan menutup ketika ada yang masuk ke dalamnya. Hal ini dipicu oleh sensorik yang dimiliki Venus Flytrap sehingga ketika ada seranggap yang hinggap, ia akan otomatis menutup dengan cepat. Mangsa yang terjebak kemudian dicerna dengan enzim yang melarutkan cairan tubuhnya. Zat hasil cernaan serangga akan memberikan nutrisi kepada tumbuhan karnivora ini.

Tanaman karnivora ini hanya tumbuh di beberapa rawa di utara dan selatan Carolina, Amerika Serikat, dalam iklim sedang ke subtropis. Tanaman Venus Flytrap hanya ada satu spesies, namun memiliki banyak variasi antara lain Venus Flytrap Red Dragon, Venus Flytrap Green Typical, Venus Flytrap Red Sawtooth.

Venus Flytrap adalah tanaman karnivora yang dianggap mudah tumbuh karena cukup cocok di iklim negara kita. Tanaman karnivora Asli Amerika Utara ini membutuhkan iklim yang tropis. Tapi, ia juga bisa tumbuh di iklim yang subtropics (terdapat musim dingin). Tanaman Venus Flytrap akan  jauh lebih indah dan kuat jika ia diberikan sinar matahari yang maksimal. Karena kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan, Tanaman Venus Flytrap dapat hidup di alam liar ataupun di rumah kaca (konservatorium) dingin di musim dingin.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya