Home » Kongkow » Biologi » Pengertian, Ruang Lingkup dan Fungsi Fisiologi Tumbuhan

Pengertian, Ruang Lingkup dan Fungsi Fisiologi Tumbuhan

- Jumat, 17 Juni 2022 | 10:05 WIB
Pengertian, Ruang Lingkup dan Fungsi Fisiologi Tumbuhan

Kata fisiologi berasal dari dua huruf yakni “physis” yang artinya alam dan “logos” yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi pengertian fisiologi tumbuhan adalah ilmu yang mempelajari tentang keterangan-keterangan perihal kehidupan tumbuhan yang meliputi proses kehidupannya, fungsinya dan aktivitasnya.

A. Ruang Lingkup Fisiologi Tumbuhan

Fisiologi tumbuhan merupakan cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang proses metabolisme pada tubuh tumbuhan dimana proses dari metabolisme ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan mikro di sekitar tumbuhan tersebut. Adapun ruang lingkup yang dipelajari antara lain tentang sel, proses transpirasi, karakteristik molekul air, unsur esensial tumbuhan, fotosintesis, respirasi serta metabolisme tumbuhan. Akan tetapi secara umum, fisiologi tumbuhan dapat digolongkan menjadi beberapa ruang lingkup yaitu fisiologi tanaman, fisiologi lepas panen, ekofisiologi dan fisiologi benih.

Bagi seoarang ahli fisiologi tumbuhan selalu dituntut untuk bisa mengusai pengetahuan dasar lainnya yang tentunya berkaitan dengan ilmu fisiologi tumbuhan misalnya ilmu kimia, biokimia, sitologi, anatomi, morfologi dan sistematik.

B. Fungsi Fisiologi Tumbuhan

Fungsi fisiologi tumbuhan disini berarti manfaat yang diperoleh manusia dalam mempelajari fisiologi tumbuhan. Lalu apa manfaatnya? tentu secara umum manfaatnya sangat besar karena tumbuhan itu sendiri merupakan salah satu bahan pemenuh bagi kebutuhan manusia sehingga kita perlu ilmu yang seluas-luasnya tentang tumbuhan.

Tidak mungkin kita bisa membuat racikan obat bila tidak mengetahui tentang bahan yang terkandung dalam obat itu sendiri. Iya kan?, nah apalagi banyak bahan-bahan kimia yang kita gunakan untuk industri yang diambil dari tumbuhan. Oleh karena itu, ilmu fisiologi tumbuhan ini sangatlah penting.

Dalam perkembangannya, fisiologi tumbuhan dipisahkan menjadi beberapa bagian yang lebih spesifik yaitu fisiologi tanaman, ekofisiologi, fisiologi lepas panen dan fisiologi benih. Mengapa harus dipisah? supaya ruang lingkupnya semakin kecil sehingga lebih mengena bila diterapkan di lapangan.

1. Fisiologi tanaman mempelajari tentang metabolisme pada tanaman-tanaman yang dibudidayakan,

2. Ekofisiologi mempelajari tentang faktor-faktor lingkungan misalnya unsur-unsur cuaca dan iklim yang dapat mempengaruhi metabolisme tumbuhan,

3. Fisiologi lepas panen mempelajari tentang fisiologi bagian tumbuhan setelah bagian dari tumbuhan tersebut di panen,

4. Fisiologi benih mempelajari tentang benih yang mencakup tahapan pembenihan atau proses yang mengikutinya.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya