Home » Kongkow » Fisika » Resonansi, Fenomena yang dapat Diamati pada Gelombang Bunyi

Resonansi, Fenomena yang dapat Diamati pada Gelombang Bunyi

- Kamis, 09 Juni 2022 | 10:00 WIB
Resonansi, Fenomena yang dapat Diamati pada Gelombang Bunyi

Fenomena yang dapat diamati pada gelombang bunyi, tetapi tidak dapat diamati pada gelombang cahaya adalah Resonansi.

Resonansi adalah fenomena ketika suatu benda bergetar dipengaruhi oleh getaran gelombang elektromagnetik eksternal sehingga menyebabkan getaran atau meningkatkan amplitudo osilasinya. 

Resonansi dalam seni menghasilkan kualitas suara berdasarkan kekayaan, warna, hingga vibrasi yang menjadi mekanisme produksi suara. Contoh resonansi suara bisa ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari yaitu pada gelombang suara dari proses resonansi di pita suara.

Baca juga:

Perambatan Bunyi Dan Kuat Bunyi

Contoh Sumber Energi Bunyi

Pengertian, Sifat, Jenis, dan Karakteristik Gelombang Bunyi

Contoh lain dari resonansi bunyi adalah percobaan dua garputala yang disandingkan. Ketika salah satu garputala dipukul, akan dihasilkan bunyi dan getaran yang membuat garputala di sebelahnya ikut bergetar.

Syarat terjadinya resonansi adalah frekuensi yang sama antara kedua benda, terdapat selaput tipis dan ruang udara dengan panjang yang sama dengan 1/4 panjang gelombang.

Dalam resonansi bunyi, ternyata cepat rambat gelombang bunyinya bisa dihitung. Ini terbukti dari eksperimen resonansi bunyi yang menggunakan tabung, air, dan garputala dengan frekuensi alami tertentu.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya