Home » Kongkow » Tematik » Komponen Utama yang Bekerja pada Pembangkit Listrik Tenaga Air

Komponen Utama yang Bekerja pada Pembangkit Listrik Tenaga Air

- Jumat, 19 November 2021 | 13:36 WIB
Komponen Utama yang Bekerja pada Pembangkit Listrik Tenaga Air

Hai otakers, Apakah kamu pernah mengunjungi pembangkit listrik tenaga air (PLTA)?

Suatu PLTA biasanya dibangun di dekat sebuah waduk atau sungai yang memiliki aliran air yang besar. PLTA ini menggunakan tenaga air untuk menghasilkan listrik.

Tenaga air yang dalam bahasa Inggris “hydropower” adalah energi yang diperoleh dari air yang mengalir. Air merupakan sumber energi yang murah dan relatif mudah didapat, karena pada air tersimpan energi potensial (pada air jatuh) dan energi kinetik (pada air mengalir).

Energi yang dimiliki air dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam wujud energi mekanis maupun energi listrik. Pemanfaatan energi air banyak dilakukan dengan menggunakan kincir air atau turbin air pada suatu air terjun atau aliran air di sungai. 

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) merupakan salah satu pembangkit yang memanfaatkan aliran air untuk diubah menjadi energi listrik. Pembangkit listrik ini bekerja dengan cara merubah energi air yang mengalir (dari bendungan atau air terjun) menjadi energi mekanik (dengan bantuan turbin air) dan dari energi mekanik menjadi energi listrik (dengan bantuan generator). Kemudian energi listrik tersebut dialirkan melalui jaringan-jaringan yang telah dibuat, hingga akhirnya energi listrik tersebut sampai ke rumah kamu.

Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA memiliki lima komponen utama, yaitu bendungan, turbin, generator, penstock, dan jalur transmisi. Berikut pembahasannya masing-masing.

1. Bendungan berfungsi menampung air dalam jumlah besar untuk menciptakan tinggi jatuh air agar tenaga yang dihasilkan juga besar. Selain itu bendungan juga berfungsi untuk pengendalian banjir. Coba kamu sebutkan bendungan atau waduk yang dijadikan PLTA

2.  Turbin berfungsi mengubah aliran air menjadi energi mekanik. Air yang jatuh akan mendorong baling-baling sehingga menyebabkan turbin berputar. Perputaran turbin ini dihubungkan ke generator. Turbin air kebanyakan seperti kincir angin.

3.  Generator dihubungkan dengan turbin melalui gigi-gigi putar sehingga ketika baling-baling turbin berputar maka generator juga ikut berputar. Generator selanjutnya merubah energi mekanik dari turbin menjadi energi listrik.

4. Penstock adalah pipa yang dialiri air bertekanan dari bak penampungan ke turbin. Penstock dapat juga disebut dengan pipa bertekanan

5. Jalur transmisi berfungsi mengalirkan energi listrik dari PLTA menuju rumah-rumah dan pusat industri.

Kunci jawaban latihan soal PAS tema 4 kelas 6 Sd

Dari pembahasan diatas Kita dapat menjawab pertanyaan latihan soal PAS tema 4 muatan pelajaran IPA kelas 6 SD berikut:

Komponen Utama yang bekerja pada Pembangkit Listrik Tenaga Air ?

Dari 4 pilihan jawaban berikut:
• Angin dan Panel Surya
• Turbin dan Generator
• Matahari dan Aki
• Air dan Dinamo

Maka jawaban yang benar adalah Turbin dan Generator.

Cari Artikel Lainnya