Home » Kongkow » Tematik » Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Penyebab Terputusnya Aliran Listrik Halaman 46-47

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Penyebab Terputusnya Aliran Listrik Halaman 46-47

- Kamis, 11 November 2021 | 16:20 WIB
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Penyebab Terputusnya Aliran Listrik Halaman 46-47

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia saat ini menjadi sangat dekat dengan listrik. Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, kejadian tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan sesungguhnya juga tidak menyukai kejadian mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi listrik.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Kebudayaan Indonesia yang Mendunia Halaman 39 - 41

Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.

Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 Sd halaman 46

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Diskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

1. Apa topik/gagasan utama bacaan di atas?

Jawaban:

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi

2. Apa saja penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga?

Jawaban:

Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi.

Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Menyalurkan Energi Listrik Halaman 25 - 26

3. Bagaimana mencegah terjadinya mati lampu?

Jawaban:

kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu seperti tidak menyentuh jaringan atau tidak membuat galian yang menyebabkan kabel tanah rusak.

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 Sd halaman 47

Diskusikan pertanyaan tersebut bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang tepat dan lengkap.

Halaman 1 (judul)

Mati Lampu

Halaman 2: pernyataan umum

Paragraf 1: Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya.

Halaman 3: deret penjelas
Paragraf 2: Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi.

Halaman 4: simpulan dan pendapat penulis
Paragraf 1: Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, kejadian tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya