Home » Kongkow » Tematik » Sikap Pasang Pencak Silat Tema 4 Kelas 6 Sd

Sikap Pasang Pencak Silat Tema 4 Kelas 6 Sd

- Kamis, 11 November 2021 | 16:07 WIB
Sikap Pasang Pencak Silat Tema 4 Kelas 6 Sd

Sebelumnya kamu telah mempelajari keterampilan dasar kuda-kuda dalam silat dan mempraktikannya dengan kombinasi pola langkah. Sekarang kamu akan belajar empat jenis keterampilan pasang.

Sikap pasang merupakan kombinasi sikap kaki dan sikap tangan dengan kuda-kuda maupun tanpa kuda-kuda yang selalu disertai dengan kesiagaan mental dan indera secara total dalam pencak silat.

Baca juga: Pencak Silat (Teknik Kuda-kuda dan Pola Langkah) Tema 4 Kelas 6 Sd

A. Sikap Pasang Satu

Sikap Pasang Satu adalah sikap dengan kuda-kuda tengah belakang, dengan berat badan di tengah, posisi kaki depan dan belakang sejajar (sikap pasang tertutup). Posisi kedua telapak tangan terbuka.

B. Sikap Pasang Dua

Sikap Pasang Dua adalah sikap pasang dengan kuda-kuda tengah serong (sikap pasang tertutup, dengan satu tangan mengepal).

C. Sikap Pasang Tiga

Sikap Pasang Tiga adalah sikap pasang dengan kuda-kuda samping (sikap pasang tertutup, posisi tangan kanan lurus, tangan kiri bersilang di dada atau sebaliknya. Posisi kedua telapak tangan terbuka menghadap ke atas.

D. Sikap Pasang Empat

Sikap Pasang Empat adalah sikap pasang dengan kuda-kuda depan (posisi telapak tangan depan mengepal, telapak tangan yang lainnya terbuka silang di dada).

Kamu dapat bertanya langsung kepada guru tentang hal yang ingin diketahui lebih lanjut tentang teknik dasar kuda-kuda, pola langkah, dan sikap pasang.

Kamu telah berlatih pola langkah: ke depan, ke belakang, dan ke samping yang dibarengi dengan kuda-kuda, pada pembelajaran sebelumnya. Sekarang kamu akan berlatih sikap pasang kuda-kuda yang dikombinasikan dengan variasi pola longkah, dan sikap pasang.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya