Home » Kongkow » Biologi » Peran Jamur Bagi Kehidupan

Peran Jamur Bagi Kehidupan

- Sabtu, 11 September 2021 | 11:44 WIB
Peran Jamur Bagi Kehidupan

Bagaimana peran jamur dalam kehidupan? Apakah semua jamur merugikan? Adakah jamur yang menguntungkan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak uraian tentang peran jamur dalam kehidupan berikut ini.

Baca Juga:

Klasifikasi Jamur: Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota

a. Peran Jamur yang menguntungkan

Berikut beberapa perannya dalam kehidupan yang menguntungkan bagi kehidupan.

1. Peran Jamur di Bidang Pertanian

Semua jamur yang bersifat saprofit sangat menguntungkan karena dapat menguraikan senyawa-senyawa organik menjadi senyawa anorganik yang diperlukan oleh tumbuhan hijau. Jamur dapat membusukkan sisa-sisa makhluk hidup sehingga berperan dalam pengembalian mineral tanah. Dengan demikian, jamur dapat menyuburkan tanah.

2. Peran Jamur di Bidang Kedokteran

Beberapa jenis jamur dapat menghasilkan antibiotik yang dapat digunakan untuk membunuh kuman. Contohnya yaitu Penicilium notatum dan Penicilium chrysogenum yang digunakan untuk membuat antibiotik penisilin.

3. Peran Jamur di Bidang Industri Makanan dan Minuman

Peran jamur bagi manusia memberikan banyak manfaat, salah satunya di bidang industri makanan dan minuman. Jamur dapat dimanfaatkan dalam pembuatan makanan dan minuman, ada pula yang dapat dimakan. Banyak jenis jamur yang memberikan manfaat di bidang industri makanan dan minuman, seperti dalam pembuatan keju, tempe, oncom, tape, dan dalam pembuatan kecap.

- Peran Jamur dalam Pembuatan Tempe: Jamur yang berperan dalam proses pembuatan tempe adalah Rhizopus oryzae, Rhizopus oligosporus, dan Rhizopus stoloniferus. 

- Peran Jamur dalam Pembuatan Keju: Jamur yang berperan dalam proses pembuatan keju adalah Penicillium requeforti dan Penicillium camemberti.

- Peran Jamur dalam Pembuatan Tape: Dalam pembuatan tape, ada dua jamur yang berperan yaitu Endomycopsis fibuligera yang berperan mengubah tepung menjadi gula sehingga berasa manis dan Saccharomyces cerevisiae atau Rhizopus oryzae yang dapat mengubah gula menjadi alkohol.

 

b. Peran Jamur yanag Merugikan

Selain menguntungkan, ternyata peran jamur bagi manusia juga ada yang merugikan. Terdapat beberapa jenis jamur yang dapat merugikan manusia, misalnya jamur yang bersifat patogen atau menimbulkan penyakit. Berikut peran jamur dalam kehidupan yang dapat merugikan.

1. Jamur Pembusuk

Beberapa jamur dapat membusukkan berbagai bahan makanan seperti sayuran, buah-buahan, roti, daging, dan ikan. Jenis jamur yang dapat menyebabkan kerusakan/membusukkan makanan adalah Rhizopus nigricans, Aspergillus niger, Penicilium sp., Cladosporium, dan Chaetomium globusum.

 

2. Parasit pada Manusia

Beberapa jamur yang hidup sebagai parasit pada manusia yaitu sebagai berikut.

  • Epidermophyton, Microsporum, dan Trighophyton penyebab penyakit kurap

  • Mucor parasiticus penyebab penyakit kulit

  • Candida albicans penyebab penyakit pada mulut

3. Parasit pada Hewan

Berikut beberapa jenis jamur yang hidup sebagai parasit pada hewan.

  • Aspergillus fumigatus, penyebab penyakit paru-paru pada burung

  • Amanita Muscaria dapat membunuh lalat karena menghasilkan racun muskarin

  • Laboulbenia parasit pada serangga

4. Parasit pada Tumbuhan

Berikut beberapa jamur yang hidup sebagai parasit pada tumbuhan.

  • Ustilago scitaminea (jamur karat) parasit pada tanaman jagung dan tebu

  • Exobasidium vexans hidup parasit pada daun teh

  • Corticium salmonella hidup parasit pada cabang pohon buah-buahan dan pohon karet

  • Amanita caesarea merupakan jamur penghasil racun

Peran jamur bagi kehidupan pun ternyata cukup signifikan ya otakers. Anggota kingdom fungi ini dapat membawa dampak menguntungkan dan merugikan. Nahh demikian pembahasan Peran Jamur Bagi Kehidupan baik dari segi keuntungan dan kerugiannya. Terima kasih sudah berkunjung kesini yah !

Cari Artikel Lainnya