Home » Kongkow » Beasiswa » Beasiswa Research Students 2022 di Jepang oleh Monbukagakusho untuk Lulusan D4, S1, S2

Beasiswa Research Students 2022 di Jepang oleh Monbukagakusho untuk Lulusan D4, S1, S2

- Kamis, 06 Mei 2021 | 08:00 WIB
Beasiswa Research Students 2022 di Jepang oleh Monbukagakusho untuk Lulusan D4, S1, S2

Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) kembali menawarkan beasiswa bagi yang ingin belajar di universitas pascasarjana di Jepang sebagai mahasiswa peneliti (research students). Program ini dibuka untuk lulusan D4, S1 maupun S2. Beasiswa yang ditawarkan bersifat penuh (Full Scholarship). Berikut informasi selengkapnya.

Dalam program Beasiswa Research Students, mahasiswa peneliti akan berada di bawah bimbingan profesor di Jepang yang melakukan penelitian di bidang keahlian masing-masing. Tujuan dari program ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa asing supaya mempunyai standar dan kualitas kemampuan penelitian yang mumpuni untuk melanjutkan studinya di jenjang Master/Doktor.

Pada saat berstatus sebagai research students, peserta juga dapat melanjutkan ke jenjang Master/Doktor apabila lulus ujian masuk yang diadakan oleh universitas tujuan. Namun peserta juga dapat langsung masuk ke program pascasarjana tanpa masa research students, jika sudah mendapatkan izin/telah lulus ujian masuk di universitas di Jepang.

CAKUPAN BEASISWA RESEARCH STUDENTS:

  1. Biaya perkuliahan ditanggung sepenuhnya.

  2. Tunjangan hidup sebesar ± ¥143.000/bulan (research students), ¥144.000/bulan (mahasiswa S2), dan ¥145.000/bulan (mahasiswa S3).

  3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang.

  4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar.

  5. Beberapa universitas menyediakan asrama. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, pihak universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan. Biaya dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan.

  6. Tanpa ikatan dinas.

PERSYARATAN AKADEMIK BEASISWA RESEARCH STUDENTS:

Untuk pelamar program Master’s Course / Doctoral course (first phase):

  1. Pelamar yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah 16 tahun di negara selain Jepang; atau

  2. Pelamar yang telah menyelesaikan program dengan masa studi standar selama 3 tahun atau lebih pada universitas/institusi pendidikan yang setara di negara selain Jepang dan telah mendapatkan gelar yang setara dengan Sarjana.

  3. Selain kondisi nomer 1 dan 2 di atas, pelamar telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar pada program Master’s Course/Doctoral Course (first phase) di sekolah pascasarjana Jepang.

Untuk pelamar program Doctoral Course (second phase):

  1. Pelamar yang telah mendapatkan gelar yang setara dengan Master’s Degree atau professional degree; atau

  2. Pelamar yang telah lulus dari universitas dan pernah terlibat dalam studi penelitian di universitas atau pusat penelitian selama 2 tahun atau lebih, dan diakui mempunyai kompetensi akademik yang setara dengan lulusan gelar Master’s Degree oleh sekolah pascasarjana.

  3. Selain kondisi nomer 1 dan 2 di atas, pelamar telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar pada program Doctoral Course (second phase) di sekolah pascasarjana Jepang.

Untuk pelamar program Doctoral Course (fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Kedokteran Hewan dan beberapa bagian dalam bidang farmasi):

  1. Pelamar yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah 18 tahun di negara selain Jepang; atau

  2. Pelamar yang telah menyelesaikan program dengan masa studi standar selama 5 tahun atau lebih pada universitas/institusi pendidikan yang setara di negara selain Jepang dan telah mendapatkan gelar yang setara dengan Sarjana; atau

  3. Pelamar yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah 16 tahun di negara selain Jepang dan pernah terlibat dalam studi penelitian di universitas atau pusat penelitian selama 2 tahun atau lebih, dan diakui mempunyai kompetensi akademik yang setara dengan lulusan universitas di bidang Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Kedokteran Hewan atau beberapa bagian dalam bidang Farmasi oleh sekolah pascasarjana.

  4. Selain kondisi nomer 1, 2, dan 3 di atas, pelamar telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar pada program Doctoral Course (fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Kedokteran Hewan dan beberapa bagian dalam bidang farmasi) di sekolah pascasarjana Jepang.

PERSYARATAN BEASISWA RESEARCH STUDENTS TAHUN 2022:

  1. Berusia maksimal 34 tahun pada tanggal 1 April 2022 (lahir pada atau setelah 2 April 1987).

  2. Merupakan lulusan D4/S1/S2.

  3. Memilih bidang studi yang berada pada rumpun ilmu yang sama dengan bidang studi di jenjang pendidikan sebelumnya.

  4. Memiliki IPK akhir minimal 3.2 pada jenjang pendidikan sebelumnya.

  5. Melampirkan salah satu sertifikat kemampuan bahasa Inggris atau bahasa Jepang seperti di bawah ini, dengan skor diutamakan sebagai berikut:
    – TOEFL-PBT/ITP minimal 543;
    – TOEFL-iBT minimal 72;
    – IELTS minimal 5.5;
    – TOEIC L&R minimal 785;
    – TOEIC S&W minimal 310; atau
    – JLPT (Japanese Language Proficiency Test) minimal level 2/N2.
    Catatan: Sertifikat TOEFL/TOEIC yang dapat digunakan untuk mendaftar hanya terbitan dari ETS (TOEFL Like dan TOEFL Prediction tidak dapat digunakan). Untuk IELTS yang dapat digunakan untuk mendaftar hanya terbitan Universitas Cambridge, British Council, IALF dan IDP Education saja. NAT-TEST/J-TEST tidak dapat digunakan.

  6. Sehat jasmani dan rohani. Pelamar tidak diperbolehkan sedang dalam keadaan hamil selama proses seleksi berlangsung hingga keberangkatan ke Jepang bagi yang lolos seleksi.

  7. Bersedia belajar bahasa Jepang bagi yang belum menguasai bahasa Jepang.

  8. Memenuhi persyaratan akademik yang disebutkan di atas.

  9. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut (lihat disini) tidak dapat mendaftar beasiswa program ini.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

  1. 3 (Tiga) lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online, yang berisi nomor ujian peserta.

  2. a. 3 (Tiga) rangkap Formulir Pendaftaran 2022 yang diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang (DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN).
    b. 3 (Tiga) lembar Pasfoto formal ukuran 3,5 × 4,5 cm atau ukuran 3 x 4 cm. Setengah badan. Latar polos, warna latar bebas. Diambil 6 bulan terakhir. Pasfoto harus ditempel pada kotak untuk menempel foto yang tersedia pada Formulir Pendaftaran (Application Form 2022). Jangan melampirkan foto tanpa menempelkannya di application form. Pasfoto harus asli dicetak di kertas foto. Bukan hasil print/cetak/fotokopi di kertas HVS atau sejenisnya. Pihak panitia tidak bertanggung jawab apabila pasfoto hilang karena tidak ditempel.

  3. 3 (Tiga) lembar Placement Preference Application Form 2022 (DOWNLOAD FORM).

  4. 2 (Dua) rangkap asli dan 1 (Satu) rangkap fotocopy Field of Study and Research Plan (DOWNLOAD FORM) yang diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Rancangan penelitian (research plan) yang dibuat minimal mencakup unsur: 1) background; 2) reason; 3) objective; 4) methodology; 5) expected result; 6) reference. Apabila kotak isian pada formulir tidak cukup, silakan gunakan lembar terpisah sebagai tambahannya. Format huruf bebas.

  5. 2 (Dua) rangkap salinan asli dan 1 (Satu) rangkap fotocopy Transkrip Nilai jenjang pendidikan terakhir yang telah dilegalisasi. Transkrip nilai harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi/dicap basah asli oleh perguruan tinggi pelamar. Catatan: Apabila Anda kesulitan dalam meminta legalisasi di masa pandemi ini, Anda boleh melampirkan dalam bentuk fotocopy dengan melampirkan surat keterangan resmi dari universitas.

  6. 2 (Dua) rangkap salinan asli dan 1 (Satu) rangkap fotocopy Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang dilegalisasi atau Surat Keterangan Lulus (SKL). Ijazah atau SKL harus dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan dilegalisasi/dicap basah asli oleh perguruan tinggi pelamar. Catatan: Apabila Anda kesulitan dalam meminta legalisasi di masa pandemi ini, Anda boleh melampirkan dalam bentuk fotocopy dengan melampirkan surat keterangan resmi dari universitas.

  7. 2 (Dua) rangkap dokumen asli dan 1 (Satu) rangkap fotocopy Surat Rekomendasi dari rektor/dekan/ketua jurusan/dosen universitas jenjang pendidikan terakhir (salah satunya saja). Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Wajib dilampirkan bagi pelamar yang belum maupun sudah bekerja. Format bebas atau gunakan format berikut: DOWNLOAD FORMAT SURAT REKOMENDASI. Catatan: Apabila Anda kesulitan dalam meminta tanda tangan asli di masa pandemi ini, Anda boleh menggunakan dan mencetak hasil scan surat rekomendasi yang dibubuhi tanda tangan asli pemberi rekomendasi.

  8. 2 (Dua) rangkap dokumen asli dan 1 (Satu) rangkap fotocopy Surat Rekomendasi dari atasan atau supervisor bagi yang sedang bekerja saja. Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Bagi yang tidak bekerja, tidak perlu melampirkan dokumen ini. Format bebas atau gunakan format berikut: DOWNLOAD FORMAT SURAT REKOMENDASI. Catatan: Apabila Anda kesulitan dalam meminta tanda tangan asli di masa pandemi ini, Anda boleh menggunakan dan mencetak hasil scan surat rekomendasi yang dibubuhi tanda tangan asli pemberi rekomendasi.

  9. 2 (Dua) rangkap dokumen asli dan 1 (Satu) rangkap fotocopy abstrak penelitian/skripsi/tesis/tugas akhir jenjang pendidikan terakhir. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.

  10. 2 (Dua) buah Portofolio Asli dan 1 (Satu) buah copy Portofolio hasil karya atau rekaman bagi yang memilih bidang seni atau desain. Lampirkan portofolio hasil karya/rekaman Anda. Format bebas. Bagi portofolio yang berbentuk dokumen, harap dikliping/dijilid agar tidak tercecer.

  11. 3 (Tiga) lembar fotocopy sertifikat/hasil nilai TOEFL/IELTS/TOEIC/JLPT (lampirkan minimal satu jenis sertifikat). Bagi yang melampirkan JLPT, silakan lampirkan bersama dengan lembar skornya juga. Untuk sertifikat kemampuan bahasa asing, apabila Anda kesulitan mencari instansi yang menyelenggarakan test di masa pandemi ini, silakan gunakan sertifikat sebelumnya yang dimiliki.

  12. 3 (Tiga) rangkap Fotocopy dokumen penunjang lainnya (jika ada). Anda dapat menyertakan sertifikat atau dokumentasi seperti: penghargaan di tingkat nasional/internasional; dan kegiatan penilitian/akademik lainnya dengan institusi atau profesor di Jepang yang menjadi salah satu pilihan Anda. (maksimal 3 lembar).

CATATAN:

  1. Pengisian formulir Beasiswa Research Students Monbukagakusho boleh diketik atau tulisan tangan. Cara pengisian formulir terdapat pada bagian bawah setiap kolom yang tersedia di formulir. Penulisan block letter yang dimaksud adalah penulisan dengan memberikan spasi pada setiap kata, bukan penulisan dengan huruf kapital. Penggunaan huruf kapital sesuai dengan grammar.

  2. Bagi yang pernah menulis jurnal atau buku, tuliskan nama penulis, penerbit dan tahun terbit pada kolom yang tersedia di formulir. Jurnal atau buku tidak perlu dilampirkan.

  3. Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4. Apabila tidak memungkinkan, silakan lipat dokumen tersebut menjadi seukuran A4.

  4. Kecuali portofolio, seluruh dokumen jangan di-steples, jangan dijilid, jangan dilubangi, cukup di-klip agar tidak tercecer. Bagi yang ingin menggunakan klip, mohon untuk meminimalkan penggunaannya. Dianjurkan menggunakan 3 klip saja. Gunakan klip untuk setiap bundle, bukan setiap jenis dokumen.

  5. Dokumen dibuat sesuai dengan jumlah yang disebutkan. Dokumen disusun per-bundel/per-rangkap. Dalam satu bundel/rangkap, memuat dokumen dari poin 1 sampai 11 yang disusun sesuai urutan dengan rapi. Total bundel atau rangkap yang akan diterima oleh panitia adalah sebanyak 3 buah (2 bundel/rangkap dokumen asli dan 1 bundel/rangkap dokumen fotokopi).

  6. Khusus untuk ijazah dan transkrip nilai, yang dimaksud dengan asli adalah fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi/dicap basah asli oleh perguruan tinggi.

  7. Pelamar yang pendidikan terakhirnya adalah pendidikan profesi, mohon untuk melampirkan juga ijazah dan transkrip nilai pendidikan sarjananya.

  8. Lengkapi seluruh dokumen yang diperlukan sesuai instruksi. Dokumen yang tidak sesuai instruksi tidak akan diproses.

CARA MENDAFTAR BEASISWA RESEARCH STUDENTS MONBUKAGAKUSHO TAHUN 2022:

  1. Untuk mendaftar Beasiswa Research Students Monbukagakusho, peserta dapat terlebih dulu melakukan pendaftaran online pada website berikut: http://daftar.beasiswamext.com/. Pilih tulisan Research Students. Masukkan data-data yang diminta.

  2. Setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dalam kertas ukuran A4 dan simpan Nomer Ujian yang diterima.

  3. Jika dalam 5 menit tidak menerima email konfirmasi, cek kotak spam atau junk email atau all email pada email yang sudah dimasukkan saat pendaftaran. Apabila tidak ada pada inbox maupun kotak spam, silakan menghubungi melalui email: [email protected].

  4. Kemudian lengkapi berkas dokumen yang dibutuhkan. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi, disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar (ukuran A4 atau lebih). Cantumkan kode “Research Students 2022” beserta Nomor Ujian Anda pada kanan atas amplop.

  5. Berkas dikirimkan pada alamat berikut:
    Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan), Kedutaan Besar Jepang
    Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

  6. Panitia Beasiswa Research Students Monbukagakusho tidak menerima berkas dokumen yang dikirimkan melalui jasa pengiriman ojek online. Pengiriman dokumen dapat menggunakan jasa pengiriman melalui kurir seperti POS, JNE, J&T, Tiki, dll.

  7. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Research Students Monbukagakusho sampai dengan 7 MEI 2021. Berkas sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 7 Mei 2021 pukul 23.59 WIB.

JADWAL SELEKSI BEASISWA RESEARCH STUDENTS MONBUKAGAKUSHO:

  1. Masa Pendaftaran: 19 April s/d 7 Mei 2021

  2. Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 15 Juni 2021 (paling lambat pukul 23.59)
    Pengumuman akan ditampilkan pada website resmi Kedutaan Besar Jepang: https://www.id.emb-japan.go.jp dengan menampilkan nomer ujian peserta

  3. Ujian Tulis (diadakan secara serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar): Akhir Juni 2021*

  4. Pengumuman Hasil Ujian Tulis: Awal Juli 2021*

  5. Ujian Wawancara (diadakan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta): Pertengahan Juli 2021*

  6. Pengumuman Hasil Ujian Wawancara: Pertengahan Agustus*
    Biaya transportasi dan akomodasi tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang. Pelaksanaan ujian wawancara akan disesuaikan dengan kondisi pandemic COVID-19 di Indonesia

  7. Bagi yang lulus primary screening, Kedutaan Besar Jepang akan merekomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas peserta Beasiswa Research Students akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini

  8. Peserta yang telah lulus sampai tahap ini akan diberikan surat keterangan lulus primary screening dan berkas yang telah dicap oleh Kedutaan Besar Jepang, sebagai persyaratan untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dari universitas di Jepang

  9. Pencarian LoA (Letter of Acceptance): Agustus 2021*

  10. Pengumuman Final dari MEXT: Januari 2022

  11. Keberangkatan ke Jepang: April 2022 / Oktober 2022
    NOTE: *Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Jika kondisi penyebaran COVID-19 di Indonesia semakin memburuk, ada kemungkinan proses penyeleksian Beasiswa Research Students Monbukagakusho dibatalkan.

Pihak INDBeasiswa bukan bertindak sebagai panitia penyelenggara, sehingga apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Research Students Monbukagakusho dapat menghubungi kontak berikut:
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang
Telp. (021) 3192-4308
E-mail: [email protected]
Sumber Website Resmi: https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs2022.html

Silakan dibagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya