Home » Kongkow » Kesehatan » Manfaat Buah Kurma untuk Berbuka Puasa bagi Tubuh

Manfaat Buah Kurma untuk Berbuka Puasa bagi Tubuh

- Jumat, 16 April 2021 | 14:00 WIB
Manfaat Buah Kurma untuk Berbuka Puasa bagi Tubuh

Palm fruit atau kurma adalah buah yang berasal dari pohon palem yang ditemukan di wilayah Mediterania. Buah asal Timur Tengah ini pun menjadi makanan khas saat bulan Ramadan.

Ini karena kurma memiliki  manfaat kandungan seperti vitamin, zat besi dan juga kalsium. Kandungan itu sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Mengutip Naturalsociety, berikut manfaat  konsumsi kurma setiap hari  di bulan puasa.

1. Mengurangi rasa haus

Mengkonsumsi buah kurma biasanya dilakukan saat berbuka puasa .Tapi mengkonsumsi kurma saat sahur sangat penting. Pasalnya untuk mengurangi rasa haus mineral saat berpuasa. Mengingat kurma memiliki tinggi mineral dalam setiap kandungannya

2. Memperlancar aliran darah

Berpuasa terkadang membuat aliran darah sedikit tersumbat karena berkurangnya asupan darah. Namun, mengkonsumsi kurma setiap hari ternyata menperlancar aliran darah di tubuh sebab kurma memiliki kandungan vitamin A, B2, B12 yang baik untuk tubuh.

3. Meningkatkan energi

Berpuasa terkadang menurunkan energi saat beraktivitas. Ini karena beberapa rutinitas kegiatan yang dilakukan. Tapi, mengkonsumsi kurma membuat Anda terlihat lebih energi. Kandungan glukosa yang sangat tinggi dalam buah kurma merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuh menjadi segar dalam menjalani aktivitas sehari-hari saat berpuasa.

Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah kurma. Sebab, kandungan glukosa dalam buah kurma sangat tidak baik bagi penderita diabetes.

4. Menjaga pencernaan

Kandungan serat yang terkandung dalam kurma mampu membantu mencegah sembelit. Oleh karena itu, kurma pun bisa menjaga sistem pencernaan anda saat menjalankan puasa.

5. Meningkatkan  kekebalan tubuh

Kurma memiliki kandung yang bergizi saat dikonsumsi. Diantaranya mengandung magnesium, mangan, dan selenium.  Kandungan tersebut meningkatkan antibodi dan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit saat berpuasa.

Cari Artikel Lainnya