Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Ternyata Ini Alasan Kenapa Di Sumatera Barat Tidak Ada Alfamart Dan Indomaret

Ternyata Ini Alasan Kenapa Di Sumatera Barat Tidak Ada Alfamart Dan Indomaret

- Jumat, 16 April 2021 | 09:21 WIB
Ternyata Ini Alasan Kenapa Di Sumatera Barat Tidak Ada Alfamart Dan Indomaret

Tahukah kamu jika kamu pergi ke kawasan Sumatera Barat, kamu tidak akan menemukan gerai minimarket yang umumnya kamu temui di kota-kota Indonesia?

Hal ini pastinya cukup mengherankan, padahal Sumatera Barat merupakan salah satu lokasi yang paling sering dikunjungi wisatawan lokal dan asing.

Konon alasan mengapa tidak adanya gerai Alfamart, Indomaret, Lawson, atau Family Mart ini karena keberadaan minimarket sendiri dilarang oleh pemerintah Sumbar!

Kok bisa?

Yuk, simak alasan dibalik tidak adanya Alfamart dan Indomaret di Sumatera Barat yang dilansir dari halloriau.com di bawah ini!

Alasan Mengapa Alfamart dan Indomaret Tidak Ada di Sumbar

Alasan mengapa minimarket tidak bisa ditemukan di Sumatera Barat cukup sederhana, yaitu keberadaan mereka dilarang oleh pemerintah daerah.

Pemda setempat melarang keberadaan minimarket waralaba karena khawatir keberadaanya dapat mematikan bisnis kecil dan pedagang tradisional.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Mahyeldi mengatakan bahwa kehadiran waralaba Alfamart dan Indomaret dapat merusak ekonomi daerah Sumatera Barat dalam jangka panjang.

“Indomaret dan Alfamart tidak dikeluarkan izinnya karena akan merusak ekonomi daerah,” ujar Mahyeldi.

Hal ini karena banyak orang lebih tertarik untuk mengunjungi toko modern dengan barang yang lengkap dan harga jual pasti.

Namun sayangnya, keberadaan minimarket tersebut membuat pelanggan tidak lagi mengunjungi warung atau toko kelontongan, sehingga pedagang tradisional pasti akan tersisih.

Pengganti Minimarket Waralaba di Sumatera Barat

Meski tidak memiliki Indomaret dan Alfamart, masyarakat Sumatera Barat masih dapat mengunjungi toko serba ada yang terletak di daerah mereka.

Perbedaan antara minimarket dan toko serba ada (toserba) ini adalah pemilik toserba merupakan perorangan dan bukan waralaba.

Selain itu, pemerintah daerah juga berniat untuk merancang pengganti waralaba minimarket yang bisa dikunjungi masyarakat.

Penggantinya tersebut adalah “Halal Mart” yang dicanangkan oleh Wali Kota Padang.

Seluruh barang yang ada di “Halal Mart” akan diproduksi dan berasal dari kota Padang, sehingga tidak akan menyisihkan pedagang tradisional.

***

Itulah alasan dibalik tidak adanya Alfamart atau Indomaret di Sumatera Barat.

Cari Artikel Lainnya