Papilla Pengecap Pada Lidah

2 months 'ago'

Pada saat kamu makan atau meminum sesuatu, apa yang kamu rasakan? Indra apa saja yang dapat merasakan rasa tersebut? Bagaimana pembagian pengecap pada lidah?

Lidah merupakan indra pengecap yang disebut juga dengan kemoreseptor. Kemoreseptor pada lidah berupa tunas pengecap atau kuncup rasa. Kuncup pengecap untuk masing-masing cita rasa terletak pada daerah lidah yang berbeda. Rasa yang dikenal lidah terdiri dari empat rasa, yaitu manis, asin, asam, dan pahit.

Lidah adalah kumpulan otot rangka yang terletak dibagian lantai mulut yang membantu proses pencernaan makanan saat mengunyah dan menelannya. Lidah berupa jaringan otot lurik yang dilapisi membran mukosa. Dalam bahasa Latin lidah disebut dengan lingual dan dalam bahasa Yunani disebut dengan glossal.

Fungsi Lidah

Adapun fungsi lidah, antara lain:

a. Sebagai indera pengecap atau perasa segala objek yang masuk kedalam mulut, apakah makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut tersebut manis, pahit, asam, asin.

b. Sebagai organ yang menunjang dalam proses pencernaan yakni saat mencerna dan menelan makanan, serta membolak-balikan makanan.

c. Sebagai organ yang berperan dalam proses berbicara yakni dengan membentuk suara.

d. Membantu membersihkan makanan yang tersisa disela gigi.

Papilla Lidah

Papilla Lidah adalah juluran dari corium. Mereka tersebar tebal di dua pertiga anterior dorsumnya, memberikan permukaan ini kekasaran yang khas. Jenis papilla yang ditemui adalah papila filiformis, papila fungiformis, papila foliata, papila sirkumvalata.

Ciri-ciri

Papila adalah organ sensorik yang ada di lidah yang memungkinkan kita untuk merasakan rasa; Ini dibagi menjadi manis, asin, asam, pahit dan asam, umami. Papila dapat dilihat dengan mata, mereka mirip juluran berdaging beberapa milimeter, dan kebanyakan berisi beberapa indera perasa yang memiliki ekstensi mikroskopis yang sangat sensitif yang disebut silia gustatori, yang mengirimkan informasi ke otak tentang rasa.

Macam-Macam Papila Lidah dan Fungsinya

Papila adalah bagian khusus pada permukaan lidah berupa tonjolan kecil yang dapat menerima rangsangan kimia. Papila disebut juga ujung pengecap. Pada permukaan lidah ada beberapa papila dimana masing-masing papila mempunyai sensitivitas berbeda terhadap rangsangan yang ada.

  • Rasa manis berasal dari gugus OH dalam molekul organik. Contohnya seperti pada gula, keton, dan asam amino tertentu.

  • Rasa pahit berasal dari rangsangan alkaloid. Contohnya seperti pada kopi dan lain sebagainya.

  • Rasa asin berasal dari rangsangan kation Na+, K+ dan Ca+.

  • Rasa asam berasal dari rangsangan ion H+.

Rata-rata orang memiliki sekitar 10.000 selera atau papil pengecap dan mereka diganti setiap 2 minggu atau lebih. Tapi pertambahan usia, beberapa dari mereka sel rasa tidak bisa diganti. Orang yang lebih tua mungkin hanya memiliki 5.000 selera yang bekerja. Itu sebabnya makanan tertentu mungkin memiliki rasa lebih kuat untuk Anda daripada yang mereka lakukan untuk orang dewasa. Merokok juga dapat mengurangi jumlah selera seseorang.

Berdasarkan bentuknya, jenis papila lidah dibedakan menjadi empat, antara lain:

a. Papila Filiformis

Papila Filiformis adalah jenis papila degngan bentuk seperti benang (fili = benang). Letak papila ini menyebar di seluruh permukaan lidah secara merata. Fungsi papila filiformis adalah untuk menerima rangsangan sentuhan dan pengecapan.

Papila ini memiliki bentuk kerucut, silinder dan diakhiri dengan mahkota dari filamen runcing, berbagai bentuk ini menyebabkan kebingungan saat mengklasifikasikan papila. Mereka memiliki fungsi termal dan taktil. Jenis papilla ini paling sering dirangsang pada masa dewasa. Mereka tersebar di seluruh permukaan lidah yang disusun dalam rangkaian paralel yang mengarah miring dari lekukan tengah lidah ke tepi. Mereka adalah papila paling melimpah di permukaan lidah, dan tidak terkait dengan penerimaan rasa.

b. Papila Sirkumvalata

Papila sirkumvalata adalah jenis papila berbentuk bulat dan tersusun seperti huruf V di belakang lidah. Umumnya, jumlah papila sirkumvalata pada lidah manusia sekitar 8-14 buah. Papila paling sedikit jumlahnya, tapi paling besar, dan paling penting. Papilla yang terbesar terletak di puncak

Papila Sirkumvalata berfungsi penerima rasa pahit. Mereka disusun di dekat pangkal lidah, dalam dua garis, yang bertemu di tengah dan belakang, membentuk sudut lancip, yang disebut V lingual. Masing-masing berbentuk seperti kerucut terpotong terbalik, dan diatur dalam depresi seperti kelopak. Antara papilla dan tepi kelopak, alur hamular diamati, di tepi yang ujung sel-sel perasa menonjol dalam bentuk filamen.

c. Papila Fungiformis

Papila fungiformis tersebar pada bagian sisi lidah dan permukaan ujung lidah. Mereka ditemukan di ujung lidah, di mana rasa manis dirasakan. Bentuknya seperti jamur, seperti namanya, dan terbuat dari kepala yang menonjol dan tangkai bunga. Mereka tersebar di seluruh permukaan lidah, terutama di depan V bahasa, sangat terlihat dan memiliki warna kemerahan karena pembuluh darah yang mensuplai mereka. Jenis papila ini lebih banyak dirangsang pada masa kanak-kanak dan usia lanjut karena merupakan reseptor rasa manis.

d. Papila Foliata

Papila foliata adalah jenis papila yang jumlahnya sangat sedikit, bahkan ada yang mengatakan manusia tidak mempunyai jenis papila ini. Bentuk papila ini seperti tonjolan daun pada lidah.

Lipatan lateral kecil dari mukosa lingual yang tidak berkembang. Selain itu, sebagian besar terletak di bagian lateral dan posterior lidah dan beberapa di bagian belakang dan merupakan reseptor yang menangkap rasa asin. Mereka kurang berkembang dari yang lain dan Anda merasakan rasa asin.

sumber :

utakatikotak
0
utakatikotak
39
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :